SEA Games 2019

Timnas U-22 Indonesia rebut puncak Grup B usai tundukkan Singapura 2-0

Timnas U-22 Indonesia rebut puncak Grup B usai tundukkan Singapura 2-0

Pemain Timnas U-22 Indonesia Osvaldo Haay (kanan) merayakan gol bersama rekannya Saddil Ramdani dalam pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Kamis (28/11/2019). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/wsj.

Manila, Filipina (ANTARA) - Tim nasional U-22 Indonesia berhasil merebut puncak klasemen Grup B SEA Games 2019 dari Vietnam usai menundukkan Singapura dengan skor 2-0 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Kamis.

Gol-gol Indonesia diciptakan oleh Osvaldo Haay dan Asnawi Mangkualam Bahar. Bagi Osvaldo, itu adalah gol keduanya di SEA Games 2019.

Indonesia berada di posisi puncak klasemen Grup B setelah mengoleksi enam poin dari dua pertandingan. Di posisi kedua ada Vietnam dengan tiga poin, lalu Thailand ketiga juga dengan tiga poin tetapi kalah selisih gol, dilanjutkan Laos (satu poin), Singapura (satu poin) dan Brunei Darussalam (nol poin) di posisi keempat sampai terakhir.

Baca juga: Timnas U-22 Indonesia imbang 0-0 dengan Singapura babak pertama

Dalam pertandingan itu, pelatih timnas U-22 Indonesia Indra Sjafri menurunkan pemain serupa ketika mereka menaklukkan Thailand dengan skor 2-0, Selasa (26/11).

Dua pemain senior Evan Dimas dan Zulfiandi mengisi lini tengah, sementara sektor serang dihuni Muhammad Rafli, Egy Maulana dan Saddil Ramdani.

Pertandingan di babak pertama dengan tempo sedang, dimana bola banyak berkutat di lini tengah. Hal itu membuat kedua tim nyaris tidak memiliki peluang emas untuk mencetak gol.

Indonesia yang bertanding dengan jersey merah-merah bahkan tidak mempunyai percobaan tepat sasaran ke gawang Singapura.

Sementara lawannya membuat satu tembakan ke gawang di menit ke-17 melalui tendangan bebas Han Wei Lionel Tan, tetapi berhasil ditepis oleh kiper Indonesia Nadeo Argawinata.

Baca juga: Timnas U-22 Indonesia imbang 0-0 dengan Singapura babak pertama

Kabar buruk menimpa Indonesia di menit ke-31 ketika penyerang Muhammad Rafli cedera dan harus ditarik keluar lapangan.

Posisinya kemudian digantikan oleh Osvaldo Haay. Sayang, masuknya Osvaldo belum menambah daya gedor Indonesia yang harus puas mengakhiri babak pertama dengan skor tanpa gol.

Di paruh kedua, Indonesia langsung tancap gas. Egy Maulana melakukan gebrakan di menit ke-53. Membawa bola sendirian, dia melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti yang ditepis kiper Singapura Muhammad Zharfan.

Baca juga: Suporter bawa 20 Merah Putih untuk dukung Indonesia

Setelah itu, Singapura berbalik menekan. Akan tetapi, melalui satu skema serangan balik, skuat asuhan Fandi Ahmad kebobolan di menit ke-64.

Umpan jauh dari lini belakang Indonesia berhasil dikejar oleh Osvaldo Haay yang kemudian berduel satu lawan satu dengan bek tengah sekaligus kapten Singapura Irfan Fandi.

Osvaldo memenangi duel tersebut dan berhasil melepaskan tendangan ke dalam gawang yang melewati kolong kaki kiper Muhammad Zharfan. Indonesia memimpin 1-0.

Sepuluh menit setelah gol tersebut, sebuah serangan cepat Indonesia kembali membuat Singapura menderita.

Baca juga: Kecepatan timnas U-22 Indonesia senjata tundukkan Singapura

Baca juga: Timnas U-22 Indonesia tak ubah susunan pemain kontra Singapura


Osvaldo Haay yang lagi-lagi unggul dalam duel dengan bek lawan melepaskan operan matang kepada bek Asnawi Mangkualam yang melakukan ‘overlap’ dari belakang. Nama terakhir sukses menjaringkan bola dan menggandakan keunggulan Indonesia 2-0.

Singapura gagal membuat gol sampai pertandingan tuntas. Indonesia pun menang dengan skor 2-0.

Berikut susunan pemain kedua tim.

Timnas U-22 Indonesia: Nadeo Argawinata-pg, Firza Andika (46’, Alekvan Djin), Bagas Adi Nugroho, Andy Setyo (kapten), Asnawi Mangkualam Bahar, Evan Dimas (60’, Rachmat Irianto), Zulfiandi, Syahrian Abimanyu, Egy Maulana Vikri, Muhammad Rafli (31’, Osvaldo Haay), Saddil Ramdani.

Timnas U-22 Singapura: Muhammad Zharfan-pg, Irfan Fandi (kapten, 76’, Muhammad Zulqarnaen), Han Wei Lionel Tan, Muhammad Syahrul, Tajeli Salamat, Ryan Euan Stewart (76’, Nur Muhammad Shah), Jacob William Mahler, Muhammad Hami Syahin (84’, Muhammad Saifullah), Muhammad Naqiuddin, Muhammad Faris Ramli, Ikhsan Fandi.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Bonus Sea Games 2019 langsung dibagikan sehari pasca penutupan

Komentar