Anti Hoax

Hoaks, video pria gangguan jiwa akibat kecanduan game "online"

Hoaks, video pria gangguan jiwa akibat kecanduan game "online"

Tangkapan layar informasi bohong soal pemuda yang kecanduan game online (Instagram)

Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah video dengan judul "GILA AKIBAT GAME ONLINE" dibagikan seorang pemilik akun Instagram sejak Kamis (5/12).

Pada awalnya, video berdurasi 49 detik itu menampilkan seorang pria dengan setelan jas abu-abu. Sang pria menyampaikan informasi tentang keberadaan seorang pemuda yang mengalami gangguan jiwa akibat kecanduan gawai.

Berikut narasi yang disampaikan pria tersebut:
"Pemirsa, waspadailah dampak negatif penggunaan gadget untuk bermain game online. Baru-baru ini, dunia maya dihebohkan pemuda yang kecanduan game online melalui gawai hingga mengalami gangguan jiwa."

Video itu lantas memperlihatkan seorang pemuda dengan kaos abu-abu yang tengah duduk sambil tersenyum.

Mata pemuda itu bergerak naik-turun dalam waktu tidak bersamaan, sehingga terlihat tidak normal. Jari pemuda tersebut juga membuat gerakan seolah memainkan ponsel pintar.

Video yang sudah ditonton sebanyak 209.623 orang itu, hingga Senin (9/12), juga memuat narasi sebagai berikut:
"Jagat dunia maya kembali dihebohkan dengan berita Iwan Setiawan, seorang pria yang mengalami gangguan jiwa akibat kecanduan bermain game online. Iwan harus menjalani terapi di Yayasan Zamrud Biru Bekasi, Jawa Barat, karena diduga suka bermain game hingga belasan jam."

"Meski dapat berbaur dengan pasien lainnya, Wawan nyaris tak dapat berkomunikasi. Matanya hanya fokus kepada jari-jemarinya, seakan sedang bermain game di ponsel pintarnya."

Cek fakta: Remaja rentan alami gangguan jiwa akibat gim

Penjelasan:
Berdasarkan penelusuran ANTARA, video yang membahas soal pemuda dengan gangguan jiwa akibat kecanduan gim dalam jaringan (online) itu diketahui merupakan hasil suntingan yang dilakukan oleh pemilik akun Instagram @ravenandio.

Sementara, cuplikan video yang menampilkan pembawa berita dengan setelan jas abu-abu merupakan potongan gambar dari kanal Youtube salah satu media nasional, yang dimuat dalam berita berjudul "Pemuda di Bekasi Kecanduan Game Online Hingga Gangguan Jiwa".

Tampilan seorang pemuda dengan kaos abu-abu dengan gerak-gerik tidak normal, di sisi lain, merupakan konten yang dibuat sendiri oleh akun @ravenandio.

Pemilik akun dengan 57 ribu pengikut itu juga telah melakukan klarifikasi atas beredarnya video tersebut. Dalam klarifikasinya, dia menyatakan bahwa matanya masih normal dan dia bukanlah Iwan Setiawan yang disebut dalam video tersebut.  

Pemilik akun @ravenandio menjelaskan dia membuat video tersebut dengan fitur yang dimiliki Instagram, yakni filter shuffle dance yang dapat membuat mata seakan-akan bergerak tidak normal.

Klaim: Video pria gangguan jiwa akibat kecanduan game online
Rating: Disinformasi

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

SARING SEBELUM SHARING, TERTAWA LAH SAMPAI CONGOR KALIAN KERING.

A post shared by Ravencapcipcup (@ravenanandio) on


Cek fakta: Dokter paparkan perlunya batasan waktu anak bermain gawai

Cek fakta: Kecanduan game online bisa mempengaruhi psikis anak

Pewarta: Tim JACX dan Kominfo
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Menkominfo ingatkan dampak game online

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar