Biak (ANTARA) - Panglima Komando Operasi Angkatan Udara III Marsekal Muda TNI Andyawan Martono melantik Kolonel Penerbang Adi Setyo Nugroho sebagai Komandan Pangkalan Udara Leo Watimena Morotai, Maluku Utara, menggantikan Kolonel Navigasi Arif Budhiyanto dalam upacara militer di Makoopsau III Biak, Papua, Rabu.

Pangkoopsau III Marsda Andyawan Martono menegaskan pergantian jabatan adalah bagian dari sistem pembinaan personel di lingkungan TNI AU yang dilaksanakan secara terarah untuk menjawab tantangan tugas yang semakin kompleks dan kompetitif.

Baca juga: Koopsau III bentuk Skadron 9 Helikopter di Jayapura

"Lanud Leo Watimena yang berada di jajaran Koopsau III memiliki peran yang sangat strategis untuk mendukung operasi penerbangan TNI AU di wilayah timur, sehingga dituntut peningkatan disiplin, penegakan hukum, pengawasan melekat terhadap anak buah agar dapat mendukung kesiapan operasional," katanya.

Andyawan mengucapkan selamat kepada Kolonel Pnb Adi Setyo Nugroho atas kepercayaan yang telah diberikan pimpinan TNI Angkatan Udara untuk memimpin Lanud Leo Watimena.

Baca juga: KSAU: Koopsau III Biak tingkatkan supervisi operasi penerbangan

"Kepercayaan mendapat jabatan ini adalah sebuah amanah yang harus diwujudkan menjadi karya pengabdian terbaik untuk Angkatan Udara," katanya.

Andyawan menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Arif Budhiyanto karena telah memimpin Lanud Leo Watimena sehingga terwujud kondisi yang baik sebagaimana dirasakan sekarang ini.

Baca juga: KSAU: Pembentukan Lanud Sorong masih terkendala ketersediaan lahan

"Saya juga menyampaikan terima kasih kepada Ny Arif Budhiyanto yang selama ini telah mendampingi suami dalam memajukan organisasi PIA Ardhya Garini Cabang 8 Daerah 3 Lanud Watimena," ujar Pangkoopsau III Marsda TNI Andyawan Martono disampaikan Kapentak Lanud Mahunua Biak Letkol Sus M. Simanjuntak dalam keterangan tertulis.

Pelantikan Danlanud Leo Wattimena dihadiri Kaskoopsau III Marsma TNI Erwin Buana Utama dan Panglima Kosekhanudnas IV Marsma TNI Mujianto.

Selain itu juga para Komandan Lanud jajaran Koopsau III di antaranya Danlanud Silas Papare Jayapura Marsma TNI Tri Bowo Budi Santoso, Danlanud Manuhua Biak Marsma TNI Daan Sulfi, Danlanud J.A Dimara Merauke Kolonel Pnb Deni Hasoloan Simanjuntak, Danlanud Pattimura Ambon Kol. Pnb. Sapuan, Danlanud Dumatubun Letkol Pnb. Sonny Irawan, Kadisops Lanud Eltari Kupang Letkol Pas. Yohannes Moses, Danlanud Yohanis Kapiyau Timika Letkol Pnb Anggit Budi Wibowo.

Hadir juga Komandan Skadron 27 Letkol Pnb Tinanda, Dansatrad 242 Tanjung Warari Letkol Lek Djoko Apriyanto, Komandan Yonko 468 Sarotama Biak Letkol Pasukan Soni Widiarso dan para pejabat Koopsau III beserta Ketua dan pengurus PIA Ardhya Garini Daerah 3 Koopsau III.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2019