Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia berakhir sedikit lebih tinggi pada perdagangan Rabu, dengan sebagian besar sektor cenderung lebih tinggi, tidak termasuk bank-bank dan penambang kelas berat yang terseret turun.

Pada penutupan pasar, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 4,10 poin atau 0,060 persen pada 6.851,40 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas naik 6,50 poin atau 0,094 persen pada 6.957,00 poin.

Utilitas adalah sektor yang paling membaik diikuti oleh perawatan kesehatan dan energi, sementara saham-saham konsumen dan perawatan kesehatan juga menguat.

Baca juga: Bursa saham Australia dibuka naik tipis, minim dukungan positif

"Kerugian dari keuangan, penambang, CIMIC (CIM) dan Lend Lease (LLC) mengimbangi kenaikan di sebagian besar pasar," kata analis pasar Commsec, Steven Daghlian.

Bank terbesar kedua di Australia, "Westpac (WBC) telah digugat class action oleh Phi Finney McDonald. Pernyataan itu tidak memberikan informasi spesifik tetapi terkait dengan masalah keterbukaan pasar."

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia sebagian besar lebih rendah dengan Commonwealth Bank tidak berubah, National Australia Bank turun 0,67 persen, Westpac Bank turun 0,57 persen dan ANZ turun 0,20 persen.

Baca juga: Saham Australia berakhir datar setelah hari perdagangan berfluktuasi

Saham-saham pertambangan bervariasi dengan BHP turun 0,37 persen, Rio Tinto turun 1,03 persen, Fortescue Metals naik 0,46 persen dan penambang emas Newcrest turun 0,18 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas meningkat dengan Oil Search terangkat 3,28 persen, Santos naik 1,07 persen dan Woodside Petroleum naik 0,28 persen.

Supermarket terbesar Australia beragam dengan Coles turun 0,07 persen, dan Woolworths naik 0,91 persen.

Sementara itu raksasa telekomunikasi Telstra terangkat 0,27 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas menguat 0,55 persen dan perusahaan biomedis CSL naik 0,80 persen.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019