Jakarta (ANTARA) - Mikel Arteta sudah setuju menjadi manajer baru Arsenal dan akan menandatangani kontrak tiga tahun setengah segera setelah dokumen kontrak difinalisasi, kata sejumlah sumber kepada ESPN.

Arsenal tadinya berharap mengumumkan kontrak itu Kamis dan pertandingan pertamanya yang dia pimpin adalah saat melawan Everton di Goodison Park esok Sabtu. Everton sendiri pernah dia bela dari 2005 sampai 2011.

Sebuah laporan Senin silam menyebutkan bahwa Arteta adalah satu-satunya calon pengganti Unai Emery dan pelatih sementara Freddie Ljungberg.

Baca juga: Guardiola perkirakan kepindahan Arteta ke Arsenal segera diputuskan

Pembicaraan antara Arteta dengan bekas klubnya yang dia bela dari 2011 sampai 2016 itu sejak Minggu pekan lalu dan mencapai kesepakatan akhir Rabu lalu.

Wawancara terakhirnya dengan Josh Kroenke pada Selasa berjalan mulus. Asisten pelatih Manchester City berusia 37 tahun itu mendapatkan jaminan langsung dari klub termasuk anggaran transfer.

Ini akan menjadi pengalaman pertama Arteta menjadi manajer tim pertama sebuah klub setelah tiga setengah tahun mendampingi Pep Guardiola di Manchester City.

Baca juga: Wenger nilai Arteta tak punya pengalaman melatih

Arteta, yang akan diikat kontrak sampai Juni 2023, kini sedang menyusun tim staf pelatihnya. Ljungberg menjadi bagian tim ini, demikian juga dengan pelatih City Rodolfo Borrell, kata sejumlah sumber dalam laman ESPN.

Arteta akan mengucapkan salam perpisahan kepada City setelah pertandingan Piala Carabao melawan Oxford United Rabu malam pekan depan di mana dia mendampingi Guardiola untuk terakhir kalinya.

Guardiola yang sudah berteman dengan Arteta sejak usia 15 tahun, mendorong dia untuk mengambil tawaran Arsenal tersebut.

Baca juga: Mikel Arteta segera diumumkan jadi pelatih Arsenal

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019