Jakarta (ANTARA) - Kapten Liverpool Jordan Henderson mengaku cukup menyenangkan mendengar status timnya sebagai juara dunia setelah menundukkan Flamengo 1-0 dalam partai final Piala Dunia Antarklub 2019 di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Qatar, Minggu dini hari WIB.

"Terdengar menyenangkan," kata Henderson pendek selepas pertandingan dilansir laman resmi Liverpool.

"Saya sangat senang kami memutuskan datang ke sini dan melakukan apa yang ingin kami lakukan," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Juara Piala Dunia Antarklub, Liverpool tuntaskan dahaga 38 tahun

Liverpool sempat dihadapkan pada pilihan untuk memecah skuat sebelum berangkat ke Qatar, sebab hanya sehari sebelum laga semifinal mereka dijadwalkan bertanding di perempat final Piala Liga Inggris.

Manajer Juergen Klopp memutuskan memboyong hampir seluruh pemain senior yang kondisinya bugar ke Qatar dan mempercayakan pertandingan Piala Liga Inggris kepada tim U-23, yang berakhir dengan kekalahan 0-5 dari Aston Villa tetapi tak luput dari pujian atas mentalitas para pemain muda yang tampil.

Di Qatar, Liverpool menjalani "Liverpool Way" khas mereka yakni memetik kemenangan dengan jalan tersulit, menyingkirkan Monterrey dari semifinal lewat gol menit-menit akhir dan menundukkan Flamengo melalui babak tambahan.

Baca juga: Firmino antar Liverpool juara Piala Dunia Antarklub

Roberto Firmino jadi aktor utama dalam dua hasil tersebut, mencetak gol kemenangan atas Monterrey maupun Flamengo.

"Kami melewati dua laga sulit disertai babak tambahan, tetapi saya kami pantang menyerah dan sekali lagi memperlihatkan mentalitas hebat untuk menemukan kemenangan," ujarnya.

"Kami melewatkan beberapa kesempatan besar tapi terus berjuang dan berjuang untuk memecahkan kebuntuan, tentu saya senang kami bisa melakukannya dan tetap menjaga catatan nirbobol," kata Henderson melengkapi.


Pesta sesaat

Kemenangan atas Flamengo menandai raihan trigelar unik bagi Liverpool di Liga Champions, Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub.

Hal itu kian dilengkapi dengan catatan tak terkalahkan di Liga Inggris yang mereka puncaki dengan koleksi 49 poin dari 52 poin tersedia dan masih unggul 10 poin dari pesaing terdekat kendati melewatkan pekan ini di Qatar.

Baca juga: Klasemen Liga Inggris: City tempel Leicester, dekati Liverpool

Pun demikian, Henderson tak mau torehan-torehan itu melenakan Liverpool. Ia menegaskan Liverpool hanya akan menggelar pesta sesaat di atas lapangan Stadion Internasional Khalifa, sebelum beristirahat, pulang ke Inggris dan bersiap tampil lagi di Liga Inggris.

"Kami harus terus melangkah maju, ada banyak pertandingan besar yang akan datang dan laga-laga itu datang dengan cepat," ujar Henderson.

"Tentu saja kami bisa menikmati dan berpesta malam ini, tapi besok kami harus memulihkan kondisi dan segera bersiap untuk fokus menghadapi Leicester City," pungkas sang kapten.

Baca juga: Klopp singgung beda perlakuan yang diterima Flamengo dan Liverpool

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aris Budiman
Copyright © ANTARA 2019