Jakarta (ANTARA) - Arus lalu lintas di sejumlah jalan protokol di DKI Jakarta ramai lancar pada Selasa pagi.

Pantauan ANTARA pukul 09.50 WIB dari Jalan Veteran menuju Harmoni arus lalu lintas lancar. Kendaraan roda dua maupun roda empat dapat memacu kecepatan di atas 60 kilometer (km) per jam.

Dari Jalan Veteran III menuju Jalan Merdeka Utara depan Istana dan Monas juga lancar dan tidak seperti biasanya saat hari kerja.
Kondisi lalu lintas di Jalan Merdeka Barat menuju Patung Kuda ramai lancar pada libur Natal, Selasa pagi (24/12/2019). (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Selanjutnya dari Jalan Merdeka Barat menuju Patung Kuda, hingga ke Sarinah, ruas jalan terpantau lebih lengang dari biasanya.

Kendaraan roda dua dan roda empat dapat melaju dengan kecepatan di atas 60 km per jam hingga menuju Bundaran Hotel Indonesia.

Kondisi serupa juga bisa dirasakan dari Jalan Sudirman menuju Patung Pemuda Senayan. Empat ruas jalan tersedia dapat dilintasi secara lancar oleh pengendara motor dan mobil dengan laju kendaraan di atas 60 km per jam.

Ada kegiatan pengerjaan pemasangan besi-besi seperti panggung di Bundaran Hotel Indonesia yang sedang berlangsung. Namun tidak mengganggu kelancaran arus lalu lintas.

Kelancaran arus lalu lintas juga bisa dirasakan sampai ke wilayah Blok A Jakarta Selatan. Hanya saja di Jalan Raya Panglima Polim, lalu lintas sedikit ramai karena ruas jalan yang tersedia hanya untuk dua badan kendaraan ditambah sepeda motor dan jalur sepeda.

Baca juga: Jakarta sepi jadi momen foto di tengah jalan
Baca juga: Jalanan Jakarta sepi pada libur nasional pilkada
Kondisi lalu lintas di Jalan Sudirman menuju Senayan Jakarta ramai lancar pada libur Natal, Selasa pagi (24/12/2019) (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Sepinya jalan dirasakan oleh pengendara kendaraan sepeda motor. Johan (40) yang sehari-hari bekerja di Jakarta merasakan kelancaran arus lalu lintas di Ibu Kota.

"Biasanya jam segini berangkat dari Bogor ke Jakarta bisa dua jaman, tapi sekarang saya tembus 30 menit, jalanan sepi," kata Johan.

Johan mengatakan ruas jalan yang biasa dilaluinya dan kerap dilanda kemacetan seperti di Lenteng Agung, Tanjung Barat dan Pasar Minggu.

Menurut dia, kepadatan lalu lintas disebabkan dominasi anak sekolah dan para pekerja yang berangkat.

"Mulai hari ini anak sekolah dan pekerja pada libur, jadi jalanan sepi," kata Johan.
 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019