Kemarin ada gerhana matahari cincin, peringatan 15 tahun tsunami Aceh

Kemarin ada gerhana matahari cincin, peringatan 15 tahun tsunami Aceh

Wisatawan melihat gerhana matahari cincin menggunakan kacamata khusus di Batam, Kepulauan Riau, Rabu (26/12/2019). ANTARA FOTO/M N Kanwa/pras.

Jakarta (ANTARA) - Sehari setelah Hari Natal, Kamis (26/12), warga di beberapa bagian Indonesia menyaksikan gerhana matahari cincin dan sebagian warga Muslim mendirikan shalat gerhana.

Selain itu ada berita mengenai peringatan 15 tahun tsunami di Aceh dan keterangan Menteri Agama mengenai kuota haji Indonesia tahun 2020 yang bisa dibaca lebih lanjut dalam rangkuman berita berikut:

1. Gerhana Matahari Cincin

Fenomena gerhana matahari cincin dan gerhana matahari sebagian pada Kamis (26/12) dapat diamati di setidaknya 25 pusat kota dan kabupaten di tujuh provinsi di Indonesia. Warga antusias menyaksikan fenomena alam tersebut dan sebagian warga Muslim mendirikan shalat gerhana berjamaah di masjid, termasuk di masjid Istiqlal Jakarta. Foto-foto gerhana matahari cincin dan parsial karya fotografer ANTARA di berbagai daerah Indonesia bisa disimak di sini.

2. Peringatan Tsunami Aceh

Pada 26 Desember 2019, tepat 15 tahun setelah tsunami melanda Aceh dan merenggut ratusan ribu korban jiwa, berbagai acara peringatan dilaksanakan di Aceh, termasuk ziarah di pekuburan masal di Aceh Besar. Kepala BNPB Doni Monardo juga menyampaikan pesan mengenai kejadian bencana alam.

3. Kuota Haji Indonesia

Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan bahwa Indonesia pada 2020 mendapatkan tambahan kuota haji hingga 10 ribu dari Kerajaan Arab Saudi. Kendati demikian, ia mengatakan bahwa jumlah warga Indonesia yang bisa berangkat ke Arab Saudi sama dengan tahun lalu sebanyak 221 ribu orang karena tambahan kuota diperuntukkan untuk jamaah non-kuota. Penjelasannya bisa disimak di sini.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

UMSU pecahkan dua rekor terkait gerhana matahari cincin

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar