Makassar (ANTARA News) - Maskapai penerbangan Lion Air berencana akan melayani pengangkutan jamaah haji Indonesia tahun 2009 ini.

"Kami sementara melakukan komunikasi dengan pemerintah untuk layanan pengangkutan haji itu," kata Manager Humas (nonaktif) Lion Air, Hasyim Arsal Alhabsy di Makassar, Senin.

Namun menurutnya, layanan itu akan disesuaikan dengan jadwal penerbangan Lion Air yang pada akhir Juni mendatang akan membuka jalur Jakarta-Jeddah.

Untuk sementara, yang akan dilayani adalah jamaah Umrah dan penumpang lain yang melakukan perjalanan biasa ke Arab Saudi.

Ia mengatakan bahwa dengan menggunakan Lion Air nantinya, tarif transportasi penerbangan jamaah haji bisa turun antara 10-30 persen atau jamaah haji bisa berhemat sekitar Rp 5 juta.

Kendati lebih murah, ditegaskannya, penerbangan tersebut akan bersegmen layanan penuh, baik untuk kelas eksekutif maupun ekonomi.

Untuk pembukaan jalur tersebut, perusahaan maskapai berlambang singa itu menggunakan pesawat jenis Boeing 737-400 yang bisa memuat sekitar 400 orang penumpang.

"Dalam sehari akan ada satu flight. Dengan tariff yang lebih murah akan meringankan jamaah haji kita," katanya.

Saat ini, katanya, pihak Lion Air sementara melakukan survei di Jeddah dan berencana akan membangun kantor perwakilan di wilayah itu.

"Tim kami sementara menyiapkan infrastrukturnya," ujarnya.(*)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009