Apapun latar belakang mereka, semuanya kita terima. Kita siapkan logistik sesuai kemampuan masing-masing untuk membantu para korban bencana banjir
Jakarta (ANTARA) - Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengimbau jajarannya untuk bersiap membantu warga yang terkena dampak banjir dengan menjadikan masjid sebagai tempat penampungan.

"Masjid-masjid yang ada di seluruh wilayah yang terdampak banjir di berbagai wilayah di Tanah Air dapat menjadi tempat masyarakat untuk berlindung," kata Ketua Harian DMI Syafruddin di Jakarta, Rabu.

Selain menjadi tempat berlindung warga, Syafruddin juga mengimbau semua pengurus masjid memberikan tempat penampungan logistik untuk membantu warga yang terkena dampak banjir.

Baca juga: Kalla berharap pengurus DMI berorientasi kemakmuran umat

Ia mendorong badan-badan otonom di bawah DMI seperti para remaja masjid yang bernaung di bawah Badan Koordinasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI), JPRMI, Prima DMI, dan ISYEF untuk berpartisipasi membantu masyarakat. Begitu juga para marbot, DKM, takmir masjid, dan lain-lain.

"Apapun latar belakang mereka, semuanya kita terima. Kita siapkan logistik sesuai kemampuan masing-masing untuk membantu para korban bencana banjir ini," katanya.

Dia menjelaskan bahwa DMI akan memberikan dukungan sepenuhnya kepada masjid-masjid yang memberikan bantuan kepada para warga.

"Silakan dilaksanakan sejak hari ini dan hari-hari mendatang, sampai masyarakat merasakan perlindungan, pengayoman, dan kehadiran seluruh jajaran DMI," katanya.

Imbauan itu, kata Syafruddin, bentuk keprihatinan jajaran DMI atas terjadinya bencana banjir di Jakarta dan berbagai wilayah lain di Indonesia.

Baca juga: Dinsos dirikan dapur umum bagi korban banjir di lima wilayah
Baca juga: BMKG: Hujan sedang hingga lebat di Jabodetabek hingga minggu depan
Baca juga: Kementerian Sosial kirim bantuan ke daerah-daerah terdampak banjir

Pewarta: Katriana
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020