Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 25 orang pasukan Gegana Korpbrimob Polri dikerahkan untuk mengevakuasi warga terdampak banjir di Jalan Kemang Raya X, Kelurahan Bangka, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Rabu.

Pasukan Gegana tiba di lokasi banjir pukul 13.00 WIB, langsung membantu aparat wilayah mengevakuasi warga yang terjebak banjir mengunakan perahu karet

Sebanyak dua perahu karet dikerahkan dalam upaya evakuasi tersebut. Tim mengevakuasi lansia, anak-anak, ibu rumah tangga hingga bayi.

"Ini kegiatan operasi kemanusiaan berdasarkan instruksi Kapolri. Tim Gegana dilibatkan ikut membantu masyarakat tekena bencana banjir," kata Dansat Jibom Pasukan Gegana Korp Brimob Polri, Kombes Pol Suryo Sudarmadi saat ditemui di lokasi banjir.

Menurut Suryo, upaya evakuasi mengalami kesulitan karena banjir cukup tinggi, sehingga pasukan harus menggunakan rompi penyelamat atau pelampung untuk tetap bisa bergerak membantu warga.

"Air cukup deras kalau tidak hati-hati bisa terbawa arus," kata Suryo.

Baca juga: Dinsos dirikan dapur umum bagi korban banjir di lima wilayah

Baca juga: BMKG: Hujan sedang hingga lebat di Jabodetabek hingga minggu depan


Untuk memudahkan evakuasi, Pasukan Gegana juga memasang tali di sekitar lokasi banjir agar memudahkan warga bergerak saat evakuasi.

Kesulitan lainnya, rumah warga berada di gang sempit yang tidak bisa dilewati perahu karet, sehingga warga harus berjalan terlebih dahulu menggunakan pelampung ke titik penjemputan di Mushola Al Muhajirin.

Selain di Kemang Selatan X, Pasukan Gegana juga disebar ke sejumlah lokasi banjir lainnya seperti Cipulis, Kramatjati, Pondok Kelapa dan Cipinang.
Pasukan Geganan Korbrimop Polri menyusuri aliran banjir yang merendam pemukiman warga di Kemang Selatan X, Kelurahan Bangka, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Rabu (1/1/2019) (ANTARA/HO-Dansat Jibom Pasukan Gegana Korbrimob Polri)

Selain membantu evakuasi, Pasukan Gegana juga berencana untuk mendirikan posko dapur umum di lokasi banjir Kemang.

"Rencananya dapur umum kita dirikan, sedang tunggu koordinasi dengan kelurahan," kata Suryo.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Teguh Priyanto
Copyright © ANTARA 2020