Jakarta (ANTARA) - Sebagian korban banjir di beberapa lokasi di Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Kamis, mulai bisa mengakses dan membersihkan rumah setelah genangan surut.

Warga mendatangi rumahnya dengan membawa kail pel atau pengeruk lumpur, namun korban terdampak banjir tidak maksimal membersihkan kotoran akibat banjir itu karena saluran listrik belum menyala.

Baca juga: Kantor Kecamatan Jatiasih sepi, seluruh pegawai ke lokasi banjir

Karena aliran listrik masih mati, maka mesin pompa air tidak bisa menyala. Warga juga harus mengecek mesin pompa air karena sempat terendam genangan air.
 
Sejumlah warga Perumahan Pondok Gede Permai, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat, melintas di sela-sela kendaraan yang bergelimpangan di jalanan, Kamis (2/1/2020). Banyak kendaraan milik warga terseret arus banjir pada Rabu (1/1/2020) dan baru terdeteksi saat air surut dalam posisi bertumpukan dan bergelimpangan di jalanan dengan kondisi rusak parah dan berlumpur. (ANTARA/Sri Muryono)

Sebagian warga Perumahan Pondok Gede Permai juga mendatangi rumahnya, namun sebagian masyarakat memilih bertahan dan menunggu hingga situasi dipastikan aman dari banjir susulan,

Banjir di komplek perumahan ini ditandai dengan arus air yang tinggi dan deras hingga mengakibatkan sejumlah kendaraan baik mobil maupun sepeda motor terseret ke berbagai arah.

Baca juga: Banjir di Jatiasih surut, mobil bertumpukan di jalan masuk perumahan

Ketika air surut, beberapa kendaraan bertumpukan di jalanan dalam kondisi rusak dan berlumpur, sementara sejumlah kendaraan lainnya parkir di lokasi yang aman.
 
Jalan utama akses Perumahan Pondok Gede Permai, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat, dipenuhi lumpur dan kendaraan yang bergelimpangan, Kamis (2/1/2020). Banyak kendaraan milik warga terseret arus banjir pada Rabu (1/1/2020) dan baru terdeteksi saat air surut dalam posisi bertumpukan dan bergelimpangan di jalanan dengan kondisi rusak parah dan berlumpur. (ANTARA/Sri Muryono)

Banjir di wilayah Jatiasih itu dinilai terparah karena menjangkau lokasi yang selama ini dikenal aman. Lokasi yang selama ini aman berada di perkampungan, namun beberapa lokasi di perkampungan pun tidak luput dari banjir.

Aparat pemerintah bersama pihak terkait termasuk TNI dan Polri membantu warga untuk mengatasi dampak banjir.

Pewarta: Sri Muryono
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2020