Pengelola Penyelamatan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat H Wirawan mengingatkan ketinggian banjir di perumahan Green Ville masih tinggi
Jakarta (ANTARA) - Perumahan Green Ville, Jakarta Barat, Jumat, masih digenangi banjir dengan ketinggian bervariasi antara 1-2 meter akibat curah hujan tinggi pada malam Tahun Baru 2020.

Pantauan di lokasi, para petugas dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan masih bersiaga di lokasi untuk membantu evakuasi warga.

Baca juga: Ratusan rumah mewah di perumahan Green Garden terendam banjir

Dengan perahu karet, petugas keluar masuk mengangkut warga yang mau dievakuasi, namun ada pula warga yang tidak dievakuasi ikut serta.

"Ini mau beli makanan sama obat. Ada yang sakit. Nanti balik lagi," kata Sumarni (49), warga Perumahan Green Ville, Jakarta.

Bersama sejumlah warga lain, mereka menaiki perahu karet Dinas Kebakaran menuju pintu gerbang perumahan yang tidak terakses banjir.

Beberapa titik di perumahan elite tersebut masih tergenang cukup tinggi hingga dua meter, seperti di Blok R, S, V, W, dan X Perumahan Green Ville.

Baca juga: Sampah di kabel optik bawah tanah penyebab genangan Green Garden

Rumah-rumah mewah tergenang banjir, ada yang ditinggalkan penghuninya, tetapi ada pula penghuni yang masih bertahan di lantai dua.

Mobil dan motor juga terlihat terendam air di garasi, halaman, dan depan rumah.

Sumarni menyebutkan banjir mulai terlihat pada Rabu (1/1) sekitar pukul 01.00 WIB, tetapi baru sebatas jalanan di perumahan.

"Paginya kok tahu-tahu masuk rumah. Ini sudah agar surut, kemarin tinggi lagi," kata perempuan yang baru setahun di Jakarta itu.

Baca juga: Komplek Green Garden Kebon Jeruk kembali tergenang

Sementara itu, Pengelola Penyelamatan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat H Wirawan mengingatkan ketinggian banjir di perumahan itu masih tinggi.

"Di dalam (perumahan) masih ada yang tiga meter. Tetapi, ini sudah surut sekitar satu meteran. Mudah-mudahan enggak hujan lagi," katanya.

Wirawan memastikan petugas Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan masih akan bersiaga untuk membantu warga yang membutuhkan evakuasi.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020