Jakarta (ANTARA) - Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan bahwa pihaknya mendukung pemerintah daerah (pemda) DKI Jakarta dalam rangka membantu dan meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir.

“BI bersama pemerintah daerah DKI. Kami juga berkontribusi mendukung dan meringankan beban masyarakat akibat banjir,” katanya di Kantor Bank Indonesia, Jakarta, Jumat.

Perry menuturkan Bank Indonesia telah menyalurkan kurang lebih sebanyak 1.300 paket bantuan yang diberikan ke berbagai daerah terdampak banjir seperti Kelurahan Kampung Melayu, Jakarta Timur.

“Ini wujud kepedulian BI terhadap musibah yang mengena dari banjir,” ujarnya.

Baca juga: Aktivitas di Pasar Jatinegara belum pulih dampak banjir

Sementara itu, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko mengatakan masyarakat bisa menukarkan uang rupiah yang rusak akibat terendam banjir di kawasan Jabodetabek dengan uang keadaan layak di loket Bank Sentral.

“Uang rupiah bisa dengan beberapa kriteria. Uang valas tidak bisa,” ujar Onny.

Sebelumnya pada Kamis (2/1), Keterangan pers Departemen Komunikasi BI menyatakan kegiatan operasional sistem pembayaran dan operasi moneter BI tetap berjalan normal sebab sejumlah layanan bank sentral tidak terganggu oleh kejadian banjir tersebut.

Hal itu diupayakan untuk menjamin kelangsungan layanan sistem pembayaran nontunai dan tunai secara aman dan lancar bagi masyarakat.

BI juga akan terus memastikan kegiatan operasi moneter serta pasar uang tetap berjalan lancar dan normal guna menjaga likuiditas dan stabilitas perekonomian.

Baca juga: Pengamat ingatkan tingginya inflasi sektor pangan akibat banjir

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2020