Wisatawan MV Coral Adventurer bersihkan sampah di Raja Ampat

Wisatawan MV Coral Adventurer bersihkan sampah di Raja Ampat

Wisatawan kapal pesiar MV Coral Adventure saat membersihkan sampah di Raja Ampat (ANTARA/ Ernes)

Waisai (ANTARA) - Wisatawan Kapal Pesiar asing MV Coral Adventurer melakukan serangkaian kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat dan alam saat mengunjungi destinasi wisata kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.

Kapal Pesiar asing tersebut juga melibatkan masyarakat lokal baik pemandu wisata maupun kelompok tari-tarian guna peningkatan perekonomian.

Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Raja Ampat, Ranny Iriani Tumundo di Waisai, Sabtu, memberikan apresiasi terhadap Kapal Pesiar asing MV Coral Adventurer yang telah melibatkan masyarakat lokal yang menjadi pemandu wisata.

Baca juga: Pemprov sesalkan kapal kandas di terumbu karang Raja Ampat

Dia mengatakan bahwa saat kapal pesiar MV Coral Adventure mengunjungi Pulau Wayang, wisatawan, kru kapal serta pemandu wisata mengangkat sampah yang ditemukan di destinasi.

"Hal itu menunjukkan bahwa wisatawan tersebut tidak hanya berkunjung guna menikmati keindahan alam saja, tetapi juga turut menjaga kelestarian alam setempat," ujarnya.

Ia menyampaikan pula bahwa saat kapal pesiar MV Coral Adventure mengunjungi Pulau Kofiau tidak hanya menyaksikan atraksi kearifan lokal masyarakat setempat, tetapi juga menyerahkan bantuan alat olahraga dan buku bagi pihak gereja.

Tidak hanya itu, kata Ranny, wisatawan kapal pesiar MV Coral Adventure juga berbaur dengan masyarakat menikmati suasana gereja.

Saat mengunjungi pulau Misool, lanjut dia, wisatawan kapal pesiar MV Coral Adventure didampingi pemandu wisata lokal yang selama ini dibina oleh DPC HPI Raja Ampat menikmati keindahan destinasi wisata utama pulau Misool.

Baca juga: HPI: Kandasnya kapal Aqua Blu tidak mempengaruhi kunjungan wisata

Sekretaris DPC HPI Raja, Maikel Sada yang memberikan keterangan terpisah, memberikan apresiasi kepada kapal pesiar MV Coral Adventure yang telah melibatkan masyarakat lokal pemandu lokal HPI

Maikel mengatakan bahwa kunjungan kapal pesiar MV Coral Adventure di kabupaten Raja Ampat terorganisir dengan baik, serta melibatkan semua pihak terkait terutama masyarakat lokal pemilik hak ulayat.

Kunjungan kapal pesiar MV Coral Adventure berjalan lancar di Misool dan Kofiau karena bantuan pihak TNC, masyarakat, dan pemandu wisata lokal. Diharapkan semua kapal pesiar yang masuk ke Raja Ampat terorganisir seperti ini," tambah dia

Baca juga: Kapal Pesiar dilaporkan kandas di terumbu karang Raja Ampat
Baca juga: Wisatawan temukan Manta terlilit tali di Raja Ampat

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komunitas Menyelam upacara bendera di bawah Laut Raja Ampat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar