Berdasarkan prinsip-prinsip konstitusional kebijakan luar negeri, (Mexico) mendukung nilai dialog dan perundingan dalam menyelesaikan konflik internasional
Mexico City (ANTARA) - Meksiko mengatakan pada Minggu bahwa mereka merasa khawatir dengan peristiwa yang terjadi baru-baru ini di Irak dan juga Iran.

Meksiko meminta semua pihak yang terlibat agar dapat mengendalikan diri dan menghindari peningkatan tensi kawasan.

Pada Minggu parlemen Irak sepakat untuk meminta Amerika Serikat dan pasukan asing lainnya angkat kaki saat aksi balasan atas tewasnya pemimpin militer senior Iran berkembang dan Presiden Donald Trump melipatgandakan ancaman untuk menjadikan puluhan situs budaya target jika Teheran melakukan aksi balasan.

Memperparah krisis yang meningkatkan kekhawatiran pertempuran dahsyat di Timur Tengah, Iran menyebutkan pihaknya akan melakukan pelonggaran komitmen lainnya dalam kesepakatan nuklir 2015 antara Iran dengan enam negara besar dunia.

"Berdasarkan prinsip-prinsip konstitusional kebijakan luar negeri, (Mexico) mendukung nilai dialog dan perundingan dalam menyelesaikan konflik internasional," bunyi unggahan Kementerian Luar Negeri Meksiko di akun Twitter.

Baca juga: Presiden Irak desak Iran agar menahan diri demi stabilitas kawasan
Baca juga: Erdogan nilai Irak jadi zona perang antara AS-Iran rusak stabilitas


Sumber: Reuters

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020