XL Beri Penghargaan Pemenang "Indonesia Berprestasi 2008"

Jakarta (ANTARA News) - PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL) menjaring lima orang pemenang dalam "Indonesia Berprestasi Award 2008" (IBA 2008) yang mewakili bidang pendidikan, wirausaha, sosial kemasyarakat, Iptek dan seni budaya.

"Lima pemenang IBA Award merupakan hasil seleksi dari 939 peserta di seluruh Indonesia," kata Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi di Jakarta, Rabu.

Pemberian penghargaan kepada anggota masyrakat yang mengukir prestasi di bidangnya itu disaksikan langsung Dirjen Postel Depkominfo, Basuki Yusuf Iskandar, dan Duta Besar Khusus PBB soal program Pembangunan Abad Milenium (Millennium Development Goals/MDGs), Erna Witoelar.

Kategori Pendidikan dimenangkan Gola Gong, pria berumur 45 tahun asal Banten, yang berhasil mengembangkan literasi yang berwawasan melalui sastra, film, teater, dan gambar.

Kategori wirausaha dimenangkan Fiki Chikara Satari, seorang pemuda yang memulai bisnis kreatif di Bandung dengan Distro Airplane.

Dari bisnis kecil itu, Fiki berhasil menggalang bisnis beromset puluhan juta rupiah dengan 54 pegawai.

Pada kategori Sosial Kemasyarakatan, Toto Sugito yang menggagas program "Bike to Work Indonesia" sejak tahun 2005 yang kampanye agar menjadi sebuah gaya hidup di Indonesia.

Di bidang Iptek, Sudiyanto memperoleh penghargaan karena berhasil mendesain pompa air tenaga air "Hydrolic Ram/Hydram" yang mampu memberikan air bersih kepada 1.728 jiwa di Kotayasa, Banyumas.

Sedangkan kategori seni dan budaya, Asep Khambali, mendirikan Komunitas Historia Indonesia yang telah beranggotan 2.400 orang di dalam dan luar negeri, mendorong minat masyarakat mengunjungi musium di Indonesia agar generasi muda tidak melupakan sejarah bangsanya.

Menurut GM Corporate Communication XL, Myra Junor selain itu, IBA 2008 juga memberikan penghargaan khusus kepada Wilson Welery Wenas, penemu generasi kedua tenaga surya dari ITB, dan Tobi Moektijono juara olimpiade Matematika dari Jakarta.

Myra menjelaskan, IBA diharapkan dapat mendorong putra-putri Indonesia untuk semakin berprestasi dan menelurkan putra-putri Indonesia yang mampu mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah internasional.

Adapun juri IBA 2008 terdiri atas Prof Umar Anggoro Jenie (Ketua LIPI), Imam B Prasodjo (Sosiolog), Ninok Leksono (Redaktur Senior), Artika Sari Devi (Putri Indonesia 2004), Adrie Subono (Direktur Javamusikindo), dan Dian Siswarini (Direktur Network Xl).

"Juri memilih mereka yang mampu membangkitkan semangat anggota masyarakat lain, sekecil apapun prestasi yang dibuat oleh orang tersebut," kata Adrie Subono.
(*)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2008

Komentar