Sederhanakan perizinan, ini peluang investasi di Banjarnegara

Sederhanakan perizinan, ini peluang investasi di Banjarnegara

Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono (dok. pribadi)

Potensi daerah mulai dari pariwisata, pertanian, peternakan...
Banjarnegara (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjarnegara, Jawa Tengah, berkomitmen untuk terus meningkatkan  investasi dengan melakukan penyederhanaan regulasi.

"Regulasi yang sederhana diharapkan akan makin meningkatkan investasi di wilayah setempat," kata Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono di Banjarnegara, Rabu.

Bupati menambahkan Banjarnegara memiliki banyak potensi daerah yang dapat menarik minat investor.

"Potensi daerah mulai dari pariwisata, pertanian, peternakan, dan lain sebagainya, akan dapat menarik minat investor, namun perlu kebijakan di bidang perizinan yang mendukung untuk itu," katanya.

Bupati menambahkan organisasi perangkat daerah yang terkait dengan bidang perizinan perlu terus melakukan penyederhanaan regulasi.

"Namun demikian pada saat ini saya menilai bidang perizinan di Banjarnegara sudah bagus. Tidak berbelit-belit sehingga diharapkan dapat mempermudah siapa saja yang mau membangun Banjarnegara, asal untuk kesejahteraan rakyat," katanya.

Sebelumnya, pengamat kebijakan publik dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Dr Slamet Rosyadi menilai bahwa regulasi yang sederhana memang dapat mempermudah pelaku usaha untuk melakukan investasi.

"Regulasi yang sederhana dan tidak berbelit-belit memang lebih disukai oleh investor," katanya.

Selain itu, kata dia, birokrasi yang sederhana dan tidak berbelit-belit juga akan makin mendorong perkembangan pasar.

"Hal ini dikarenakan pasar akan sulit berkembang jika berhadapan dengan birokrasi yang berbelit belit. Bukti empiris juga menunjukkan negara maju yang lebih reformatif lebih disukai oleh investor," katanya.

Baca juga: Presiden Jokowi perintahkan layani investasi yang masuk ke Indonesia

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Tarikh Makah, cara Arab Saudi tingkatkan layanan Haji dan Umroh

Komentar