Jakarta,  (ANTARA News) - Unggulan ketujuh Taufik Hidayat akan menghadapi pemain muda China Lu Yi pada babak 16 besar turnamen Super Series Hong Kong Terbuka, setelah keduanya membukukan kemenangan di babak pembuka.

Menghadapi pemain Malaysia Chong Wei Feng pada putaran pertama di Queen Elizabeth Stadium, Rabu, Taufik membutuhkan waktu 25 menit untuk meraih kemenangan dua game langsung 21-9, 21-15.

Sedangkan Lu Yi berhasil menumbangkan seniornya, mantan pemain nasional China, Chen Hong 21-19, 21-12 dalam 24 menit untuk membukukan tempat di putaran kedua, bertemu juara Olimpiade Athena tersebut.

Taufik mengaku pertemuan di Hong Kong itu alan menjadi pertandingan pertamanya menghadapi perempatfinalis Jepang dan Prancis Super Series 2008 tersebut.

"Belum pernah ketemu," kata Taufik yang pekan lalu di China Terbuka Super Series, disingkirkan pemain muda China Du Pengyu pada putaran kedua sehingga batal bertemu rival kuatnya Lin Dan di perempatfinal.

Taufik mengikuti turnamen terakhir dari 12 rangkaian Super Series tersebut untuk menggenapi delapan Super Series yang diikutinya sebagai syarat agar dapat mengikuti Final Super Series di Malaysia bulan depan.

Hanya delapan pemain/pasangan peringkat teratas dalam ranking Super Series dan mengikuti sedikitnya delapan turnamen yang berhak ambil bagian dalam Final Super Series dengan hadiah total 500.000 dolar AS. Saat ini Taufik menduduki peringkat delapan dalam peringkat Super Series.

Sementara itu, unggulan pertama Lee Chong Wei dari Malaysia yang pekan lalu menjadi runner-up di China Terbuka, menarik diri dari turnamen tersebut sehingga memberi kemenangan tanpa tanding bagi pemain Jerman Marc Zwiebler.

Pia Zebadiah menjadi satu-satunya tunggal putri yang tersisa dalam turnamen berhadiah total 250.000 dolar AS tersebut, setelah pemain-pemain lainnya tersingkir.

Pemain asal Klub Djarum Kudus, Maria Febe Kusumastuti langsung menyerah pada unggulan pertama Tine Rasmussen dari Denmark 8-21, 16-21 dalam pertandingan pertamanya.

Begitu pula Rosaria Yusfin Pungkasari yang harus melalui babak kualifikasi, langsung tersingkir pada babak pertama setelah gagal mengatasi pemain Jepang Kaori Imabeppu, ia kalah 10-21, 10-21.

Adapun Adriyanti Firdasari yang harus langsung bertemu ungulan kedua Zhou Mi dari Hong Kong pada babak pertama, juga harus pulang lebih awal setelah kalah dari mantan pemain China tersebut 17-21, 19-21.

Sementara Pia yang mendapat promosi dari babak kualifikasi menyusul pengunduran diri Maria Kristin karena sakit, meraih kemenangan atas pebulutangkis Kanada Anna Rice dalam pertandingan tiga game 19-21, 21-7, 24-22 selama satu jam.

Selanjutnya Pia menantang unggulan keempat sekaligus juara bertahan Xie Xinfang dari China yang menyisihkan rekan senegaranya Wang Yihan juga dalam tiga game 18-21, 21-16, 21-14.(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2008