Piala Dunia Sepak Bola U20

Eks pemain Fakhri Husaini tetap mati-matian di seleksi timnas U-19

Eks pemain Fakhri Husaini tetap mati-matian di seleksi timnas U-19

Pesepak bola Indonesia Rizky Ridho (kiri) bersama rekannya Sadam Gaffar (tengah) berebut bola di udara dengan pesepak bola Brunei Darussalam Md Aiman (kanan) saat bertanding pada penyisihan Grup A Piala AFF U-18 2019 di Stadion Binh Duong di Provinsi Binh Duong, Vietnam, Sabtu (10/8/2019). ANTARA FOTO/Yusran Uccang/ama. (ANTARA FOTO/YUSRAN UCCANG)

Cikarang Timur (ANTARA) - Eks pemain tim nasional U-19 Indonesia di era pelatih Fakhri Husaini, Rizky Ridho Ramadhani menyebut bahwa dirinya harus tetap mati-matian di ajang seleksi timnas U-19 pada 13-17 Januari 2020.

"Kami tetap mati-matian untuk lolos seleksi. Kami tidak boleh berpuas diri walau sempat mengikuti agenda timnas seperti Kualifikasi Piala Asia," ujar Rizky usai menjalani kegiatan hari ketiga seleksi di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Jawa Barat, Rabu.

Pada November 2019, Rizky merupakan bek tengah timnas U-19 yang turut meloloskan Indonesia ke putaran final Piala Asia U-19 2020 setelah menjadi juara grup di kualifikasi. Kala itu, pelatih skuat berjuluk Garuda Nusantara adalah Fakhri Husaini.

Rizky juga membantu Indonesia, yang juga ditangani Fakhri, merebut peringkat ketiga Piala AFF U-18 2019.

Baca juga: Rizky Ridho tak permasalahkan pergantian pelatih timnas U-19

Menurut pemain berusia 18 tahun tersebut, pengalaman di level internasional tidak menjamin posisi mereka di skuat timnas U-19 yang saat ini dilatih juru taktik asal Korea Selatan Gong Oh-Kyun dan di bawah pengawasan manajer pelatih timnas Indonesia Shin Tae-Yong.

"Kami harus mulai dari nol lagi," kata pesepak bola yang merumput di klub Persebaya Surabaya itu.

Rizky merupakan salah satu dari 60 pemain yang mengikuti diseleksi untuk mengisi posisi timnas U-19.

Seleksi digelar pada 13-17 Januari 2020 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Jawa Barat.

Baca juga: Shin Tae-Yong akan terapkan strategi umpan pendek di timnas U-19

Selain Rizky, ada beberapa nama lain yang juga sempat memperkuat timnas U-19 asuhan Fakhri Husaini dan menjalani seleksi, seperti Amiruddin Bagas, Ernando Ari, Sutan Zico, Hamsa Lestaluhu, Rendy Juliansyah, Mochamad Supriadi, Komang Teguh, dan Muhammad Salman.

Di luar nama itu, pemain timnas U-22 tahun 2019 yang sudah mencicipi banyak pengalaman internasional, yakni Witan Sulaeman juga turut dalam penyaringan.

Baca juga: Shin Tae-Yong tuntut timnas U-19 berlaga dengan intensitas tinggi

Seleksi di Wibawa Mukti diawasi langsung oleh manajer pelatih Shin Tae-Yong bersama pelatih timnas U-19 Gong Oh-Kyun serta asistennya Nova Arianto. Asisten pelatih tim nasional senior Indra Sjafri juga terlibat dalam penyaringan pemain tersebut.

Pada tahun 2020, timnas U-19 Indonesia akan mengikuti Piala AFF U-19, yang berlangsung di Indonesia, tetapi waktu belum ditentukan, dan Piala Asia U-19 2020 yang digelar pada 14-31 Oktober 2020 di Uzbekistan.

Timnas U-19 diproyeksikan untuk tampil di Piala Dunia U-20 tahun 2021 yang bergulir di Indonesia.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kalah telak, Hongkong sanjung kualitas Timnas Indonesia

Komentar