New Delhi, (ANTARA News) - Menteri Dalam Negeri India Shivraj Patil mengajukan pengunduran diri berkaitan serangan-serangan di Mumbai yang menewaskan hampir 200 orang termasuk sejumlah orang asing, kata Partai Kongres yang berkuasa, Ahad.

"Shivraj Patil mengajukan permohonan pengunduran diri," kata Veerappa Moily, pemimpin senior Partai Kongres kepada Reuters.

Namun, dia belum dapat memastikan apakah Perdana Menteri Manmohan Singh menerima pengunduran diri menteri tersebut.

Menurut laporan AFP, Mendagri Shivraj Patil mundur pada Ahad dan mengatakan dirinya merasa bertanggungjawab secara moral terhadap serangan-serangan brutal teroris di Mumbai, kata satu sumber pejabat pemerintah.

Patil, yang telah dikecam luas di media massa karena kegagalannya menjamin keamanan dalam negeri India, telah mengirimkan surat pengunduran dirinya kepada Perdana Menteri Manmohan Singh karena merasa 'bertanggungjawab moral' atas terjadinya serangan-serangan tersebut, kata sumber itu.

Keputusan Patil ini dibuat setelah berlangsung pertemuan badan pembuat keputusan tertinggi Partai Kongres pada Sabtu malam.

Sementara itu menurut kantor berita Press Trust of India (PTI), Patil mengatakan dalam pertemuan itu bahwa dia bersedia mundur jika tindakannya bisa membantu mengurangi tekanan terhadap pemerintah.

Bahkan sebelum serangan Mumbai yang diklaim menewaskan hampir 200 orang, Patil mengakui telah berada dalam tekanan untuk mundur berkaitan adanya serangan-serangan lain, salah satunya pemboman di New Delhi September lalu dan di negara bagian timur laut Assam pada Oktober.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2008