Jakarta (ANTARA) - Napoli menyingkirkan juara bertahan Lazio dari Coppa Italia melalui laga dramatis yang berakhir dengan skor 1-0 dalam pertandingan perempat final yang dimainkan di Stadion San Paolo, Naples, Selasa setempat (Rabu dini hari WIB).

Gol semata wayang di laga itu dibukukan Lorenzo Insigne saat pertandingan baru bergulir dua menit. Napoli selanjutnya akan bertemu Fiorentina atau Inter Milan pada semifinal yang memainkan dua leg.

Tuan rumah mengawali pertandingan dengan sangat baik. Kapten Insigne menggiring bola dari sisi kiri dan menaklukkan kiper Thomas Strakosha dengan sepakan dari sudut sempit. Napoli unggul dalam kurun waktu 90 detik.

Lazio berupaya bangkit. Sergej Milinkovic-Savic melepaskan tembakan yang ditepis David Ospina, dan Elseid Hysaj melakukan pelanggaran saat Felipe Caicedo berupaya menyambar bola pantul.

Wasit menunjuk titik putih untuk pelanggaran tersebut. Sayangnya algojo Lazio Ciro Immobile hanya mampu melepaskan sepakan melambung ke udara.

Baca juga: Napoli resmi rekrut Lobotka dari Celta Vigo

Hysaj melakukan kesalahan lain dengan melakukan pelanggaran keras terhadap Immobile yang berbuah kartu kuning kedua. Napoli yang hanya memiliki sepuluh pemain dalam waktu 19 menit, membuat pelatih Gennaro Gattusso terpaksa menarik keluar Stanislav Lobotka yang melakukan debut dan menggantinya dengan Sebastiano Luperto.

Gelandang Lazio Lucas Leiva kemudian menyusul Hysaj keluar lapangan pada menit ke-25 akibat mendapatkan kartu kuning keduanya. Pertama ia diganjar kartu kuning akibat pelanggaran terhadap Piotr Zielinski, kemudian mendapatkan kartu kuning kedua akibat mendebat wasit.

Pada awal babak kedua, kiper Lazio Strakosha gagal menguasai bola mudah dan secara tidak sengaja menendang kepala Arkadiusz Milik yang berupaya menjangkau bola.

Immobile dan pemain pengganti Joaquin Correa melepaskan jarak jauh. Namun Napoli beruntung saat kiper Ospina gagal menangkap bola voli sepakan Immobile dan masuk ke gawang, sang penyerang telah berada dalam posisi offside.

Baca juga: Lazio didenda gara-gara fans hina Balotelli

Lazio meningkatkan tekanan, namun justru Napoli yang berpeluang menggandakan keunggulan saat sundulan Milik ditepis kiper Lazio Strakosha.

Tim tamu memiliki peluang yang dimentahkan mistar gawang melalui sepakan voli Immobile, setelah beberapa saat sebelumnya sepakan Mario Rui mengenai tiang gawang Lazio.

Pada menit ke-89, Lazio kembali menyarangkan bola ke gawang Napoli. Namun Francesco Acerbi dinyatakan berada dalam posisi offside saat menyambar bola pantul dari tembakan Manuel Lazzari. Lazio pun harus melepaskan gelar Piala Italia dari genggamannya.

Baca juga: Napoli, Lazio habisi sisa tim Serie B di Coppa Italia

Susunan pemain:
Napoli (4-3-3): David Ospina, Giovanni Di Lorenzo, Kostas Manolas, Elseid Hysaj, Mario Rui, Diego Demme, Stanislav Lobotka (Sebastiano Luperto 22'), Piotr Zielinski, Jose Callejon (Elijf Elmas 68'), Arkadiusz Milik, Lorenzo Insigne (Fabian Ruiz 77')

Lazio (3-5-2): Thomas Strakosha, Luiz Felipe, Francesco Acerbi, Stefan Radu (Patric 70'), Manuel Lazzari, Marco Parolo, Lucas Leiva, Sergej Milinkovic-Savic, Senad Lulic (Jony 76'), Felipe Caicedo (Joaquin Correa 55'), Ciro Immobile

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020