Macron katakan Prancis tegas terhadap ambisi nuklir Iran

Macron katakan Prancis tegas terhadap ambisi nuklir Iran

Presiden Prancis Emmanuel Macron berbincang dengan Presiden Rusia Vladimir Putin setelah KTT formasi-Normandia di Paris, Prancis, Selasa (10/12/2019). Dmitri Lovetsky/Pool via REUTERS/pd/djo (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Dalam konteks saat ini, Prancis bertekad bahwa Iran tak akan pernah memiliki senjata nuklir, namun kami juga menghindari peningkatan militer di kawasan itu,
Yerusalem (ANTARA) - Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan, Rabu, bahwa Prancis akan tegas terhadap ambisi nuklir Iran dan negerinya bertekad membuat Teheran tak akan pernah memiliki senjata nuklir.

"Dalam konteks saat ini, Prancis bertekad bahwa Iran tak akan pernah memiliki senjata nuklir, namun kami juga menghindari peningkatan militer di kawasan itu," kata Macron.

Macron menyatakan tekad itu di Yerusalem setelah bertemu PM Israel Benjamin Netanyahu dan Presiden Reuven Rivlin menjelang peringatan yang menandai 75 tahun pembebasan kamp Auschwitz, tempat pembasmian orang Yahudi oleh Nazi.

Sebelumnya dalam pernyataannya yang disiarkan televisi negara, Presiden Iran Hassan Rouhani Kamis (18/1) mengatakan Iran saat ini telah melakukan pengayaan uranium melebihi batas yang disepakati dalam perjanjian nuklir 2015 bersama negara-negara besar dunia.

Iran secara bertahap meninggalkan tekadnya mengikuti kesepakatan nuklir 2015 setelah AS hengkang dari kesepakatan itu pada 2018 dan mengenakan kembali sanksi ekonomi yang melumpuhkan perekonomian negeri di kawasan Teluk itu.

Sumber Reuters

Baca juga: AS kecam ancaman Iran keluar dari perjanjian nuklir global

Baca juga: Iran kaji ulang kerja sama dengan badan pengawas nuklir dunia

Baca juga: Iran tingkatkan pengayaan uranium melebihi sebelum kesepakatan 2015


 

Iran Akan Terus Perkaya Nuklir

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar