Kami akan terus meningkatkan produksi melalui upaya ekstensifikasi alat produksi
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) menargetkan produksi ikan dan hasil laut selama 2020 mencapai 28.500 ton atau  naik 57,99 persen dari produksi 2019 sebanyak 18.039 ton.

Produksi pada 2020 tersebut meliputi lini perdagangan 25.003 ton, penangkapan hasil laut 2.013 ton dan budi daya 1.484 ton.

“Kami akan terus meningkatkan produksi melalui upaya ekstensifikasi alat produksi (tambak) dan peningkatan penyerapan ikan dari nelayan,” kata Dirut Perum Perindo Farida  Mokodompit dalam rilis di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Menteri Edhy ingin Perindo optimalkan Pasar Ikan Modern Muara Baru

Untuk mencapai target produksi 2020, Perum Perindo menerapkan strategi dan kebijakan yaitu perbaikan, rehabilitasi, dan rekondisi baik mesin, peralatan dan kapal.

Selanjutnya, perluasan tambak produksi di Bengkayang, Kalimantan Barat, dari 6,8 hektare menjadi 18,8 hektare.

Selain itu, Perum Perindo mengupayakan penambahan lahan kerja sama dengan BUMN lain.

Untuk merealisasikannya, lanjut Farida, dibutuhkan pula komitmen sumber daya manusia di tubuh Perum Perindo.

Gandeng KPK

Dalam menyambut HUT Ke-30, Perindo menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memberikan sosialisasi tentang upaya pencegahan korupsi kepada seluruh karyawan.

Upaya ini merupakan komitmen Perindo untuk menjalankan usaha sesuai tata kelola aturan yang baik (good corporate governance/GCG) dan taat pada hukum yang berlaku.

Perindo menghadirkan Kasatgas Unit Pencegahan Korupsi di Sektor Swasta Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK Roro Wide Sulistyowati untuk memberikan sosialisasi pada perayaan HUT Perum Perindo yang diperingati setiap 20 Januari.

"Perusahaan serius mengimplementasikan GCG dengan baik. Salah satunya dengan meminta KPK memberikan sosialisasi," kata Farida.

Apalagi, tema peringatan HUT ini adalah "Profesional Berintegritas untuk Perikanan Maju".

“Sesuai dengan usianya, angka 30 tahun diibaratkan sebagai insan di usia produktif untuk tumbuh dan terus maju memberikan kontribusi nyata bagi negara dan bangsa," ujarnya.

Baca juga: Perindo perluas ekspor gurita dari Natuna ke Jepang
Baca juga: Perum Perindo ekspor ikan ke Vietnam

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020