Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Jumat (24/1) kemarin, mulai dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang akan menutup penerbangan rute Wuhan, hingga Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang kembali memangkas suku bunga penjaminan simpanan di perbankan.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Antisipasi penyebaran virus, Menhub tutup penerbangan rute Wuhan
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan untuk sementara waktu pemerintah akan menutup penerbangan rute Wuhan, China, guna mengantisipasi penyebaran wabah virus corona.

Budi yang ditemui di Kementerian Perhubungan Jakarta, Jumat, mengatakan telah meminta sejumlah maskapai untuk tidak terbang ke Wuhan, kota di mana virus itu mulai mewabah.

Baca selengkapnya di sini


2. Draf Omnibus Law siap diserahkan kepada Presiden
Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono mengatakan draf dan naskah akademis Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja sudah rampung dan siap diserahkan kepada Presiden Joko Widodo yang rencananya pada Senin (27/1).

"Senin siang Menko Perekonomian dan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) dan menteri terkait akan lapor kepada Presiden secara resmi ini draf dan naskah akademisnya," katanya di Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya di sini

3. Fitch kukuhkan kembali peringkat Indonesia pada level investment grade
Lembaga pemeringkat Fitch Ratings (Fitch) mengafirmasi "sovereign credit rating" Indonesia pada level BBB/outlook stabil (Investment Grade) pada 24 Januari 2020.

Menurut pandangan Fitch, beberapa faktor kunci yang mendukung afirmasi rating tersebut adalah prospek pertumbuhan ekonomi jangka menengah yang baik dan beban utang pemerintah yang relatif rendah dibandingkan negara "peers" dengan rating yang sama. Fitch sebelumnya telah mempertahankan peringkat Indonesia pada level BBB/stable outlook (Investment Grade) pada 14 Maret 2019.

Baca selengkapnya di sini


4. Rupiah akhir pekan perkasa di tengah melemahnya mata uang regional
ilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada akhir pekan perkasa di tengah melemahnya mayoritas mata uang regional Asia.

Rupiah ditutup menguat 56 poin atau 0,41 persen di level Rp13.583 per dolar AS dibandingkan posisi hari sebelumnya Rp13.639 per dolar AS.

Baca selengkapnya di sini


5. LPS turunkan bunga penjaminan simpanan rupiah jadi enam persen
Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) kembali memangkas suku bunga penjaminan simpanan di perbankan sebesar 0,25 persen pada Januari 2020 yang menjadikan bunga penjaminan untuk simpanan rupiah di bank umum menjadi enam persen.

Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah di Jakarta, Jumat, mengatakan kebijakan penurunan tingkat bunga yang berlaku sejak 25 Januari 2020 sampai 29 Mei 2020 ini didasarkan oleh beberapa pertimbangan dari kondisi internal maupun eksternal.

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2020