Bandarlampung (ANTARA News) - Puluhan rumah yang berada di sepanjang kawasan sungai Way Awi, Kaliawi, Bandarlampung, Kamis, terendam banjir akibat hujan deras yang mengguyur daerah ini sehingga air sungai itu meluap.

Akibat hujan deras yang terjadi sejak sore hingga malam hari itu menyebabkan sejumlah rumah rusak akibat diterjang air yang berasal dari sungai tersebut.

Menurut seorang warga setempat, Safwanto, hujan deras yang menyebabkan air sungai meluap tersebut terjadi sekitar pukul 15.00 WIB hingga pukul 19.00 WB, yang menyebabkan sejumlah rumah rusak.

"Air deras yang berasal dari sungai itu menerjang sejumlah rumah, hingga masuk ke dalam rumah dan menyebabkan rumah rusak," kata dia.

Warga lainnya, Ilin mengatakan, setiap kali hujan deras datang, menyebabkan air sungai meluap namun jarang sekali air tersebut masuk ke dalam rumah.

"Hujan kali cukup deras dan lama sehingga menyebabkan air masuk ke dalam rumah," katanya.

Sementara itu, hujan deras yang mengguyur Kota Bandarlampung dan sekitarnya membuat sejumlah tempat tergenang air terutama di kawasan jalan protokol dan kawasan padat rumah penduduk di daerah itu.

Beberapa jalan protokol di Bandarlampung terendam air akibat hujan deras antara lain di Jalan Kartini.

Kendaraan yang melintas di jalan tersebut terpaksa memperlambat laju kendaraannya karena air dari got di sisi kanan maupun kiri jalan itu tumpah ke badan jalan hingga air menutup badan jalan.

Bahkan banyak kendaraan memilih jalur alternatif untuk menghindari genangan air di sepanjang jalan tersebut.

Meluapnya air tersebut akibat got yang berada di sisi akan maupun kiri penuh oleh sampah rumah tangga sehingga air tidak lancar.

Selain itu, sistem drainase di sekitar jalan itu juga kurang baik, akibatnya setiap hujan datang, dipastikan akan terjadi banjir.(*)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2008