KPU Mukomuko tetapkan 150 anggota PPK terpilih

KPU Mukomuko tetapkan 150 anggota PPK terpilih

KPU Mukomuko tetapkan caleg terpilih pada rapat pleno terbuka.(Foto Istimewa)

Mukomuko (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, telah menetapkan sebanyak 150 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terpilih untuk pemilihan bupati dan wakil bupati 2020. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mukomuko Irsyad Kamarudin dalam keterangannya di Mukomuko, Selasa, mengatakan lembaganya telah menetapkan sebanyak 10 besar atau 10 anggota PPK terpilih untuk setiap kecamatan dari sebanyak 15 kecamatan di daerah ini dari hasil tes tertulis.

Sebanyak 150 anggota PPK terpilih di daerah ini berdasarkan hasil seleksi tertulis yang diikuti oleh 345 orang masyarakat yang tersebar di 15 kecamatan.

Selanjutnya lembaga ini memberikan kesempatan kepada masyarakat setempat untuk menanggapi hasil penetapan 150 anggota PPK terpilih tersebut.

Selain itu, ia mengatakan, lembaganya juga menerima komplain dari para peserta tes tertulis PPK yang tidak lulus tetapi sesuai dengan aturan yang berlalu melalui Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

“Kalau mau komplain bawa ke Bawaslu setempat. Kami akan tunjukkan lembar jawaban peserta yang komplain yang tidak percaya dengan hasil tes tertulis PPK ini,” ujarnya.

Selanjutnya, ia mengatakan, lembaga ini akan mengelar tahapan tes wawancara terhadap sebanyak 150 anggota PPK terpilih ini selama tiga hari mulai dari tanggal 8 hingga 10 Februari 2020.

Ia menjelaskan, ada sebanyak empat kategori penilaian dalam tes wawancara ini yakni pengetahuan kepemiluan, pengetahuan tentang kewilayahan setempat, integritas dan sikap.

Selain itu, ia mengatakan, lembaganya memberikan penilaian terhadap setiap peserta seleksi PPK Ini tetap memperhatikan rekam jejak setiap peserta seleksi PPK ini, termasuk yang sudah pernah menjadi PPK pada pemilihan umum sebelumnya.

Baca juga: 116 calon PPK Kota Batam lulus tes tertulis

Baca juga: KPU Depok harapkan masukan masyarakat terkait calon anggota PPK

Baca juga: 309 calon anggota PPK Surabaya lolos seleksi tertulis


Pewarta: Ferri Aryanto
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar