Manado (ANTARA News) - Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menyerap hampir setengah juta warga daerah itu, tepatnya 466.880 tenaga kerja, di sekitar 250 ribu lapangan usaha dan bertahan hingga kini, demikian Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut, Jasa Bangun di Manado, Sabtu.

Dari jumlah itu, Kota Manado menyerap paling banyak mencapai 113 ribu orang, Kabupaten Bolaang Mongondow 77 ribu, Minahasa Selatan 74 ribu, dan Minahasa 68 ribu, tambah Jasa Bangun.

Berikutnya, Kota Bitung 37 ribuan, Kabupaten Minahasa Utara 33 ribuan, Kabupaten Kepulauan Sangihe mendekati 29 ribu, Kota Tomohon 19 ribuan, dan Kabupaten Kepulauan Talaud hampir 14 ribu.

Jasa Bangun mengatakan, para pekerja itu sebagian besar bekerja untuk sektor perdagangan yang terus bertumbuh dan berkembang di seantero provinsi.

Menurut Jasa Bangun, dampak krisis keuangan yang diperkirakan mulai terasa pertengahan tahun depan, tidak tampak pada UMK Sulut, karena sebagian besar memasarkan produk kebutuhan utama masyarakat. (*)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2008