Zurich, (ANTARA News) - Pemain sayap Manchester United dan Portugal Cristiano Ronaldo dinobatkan sebagai pemain terbaik (Player of the Year) oleh FIFA dalam satu upacara, Senin.

Pemain depan Barcelona asal Argentina Lionel Messi berada di tempat kedua, dan striker Liverpool asal Spanyol Fernando Torres ketiga, demikian diwartakan Reuters.

Pemain tengah Spanyol Xavi Hernandez, juga pemain Barcelona, dan playmaker AC Milan dari Brazil Kaka menggenapi kelima pemain terbaik.

Ronaldo meraih penghargaan untuk pertamakali setelah membantu United menang dalam Liga Premier, Liga Champions dan Piala Dunia Klub.

Itu juga menggenapi hat-trick penghargaan perorangan bagi pemain berusia 23 tahun itu, yang juga sudah mendapat trofi Ballon d'Or pilihan wartawan olahraga, dan gelar pemain terbaik FIFPro yang dipilih oleh rekan-rekannya sesama pesepakbola profesional.

"Ini momen yang besar sekali, sangat spesial," kata Ronaldo
setelah menerima piala FIFA dari Pele.

"Saya bisa katakan kepada ibu dan kakak perempuan saya, 'mari kita mulai kembang apinya sekarang'. Ini salah satu momen paling penting dalam hidup saya."
    
                 Pertama dari Inggris
    Ronaldo adalah pemain pertama yang berbasis di klub Inggris yang meraih penghargaan FIFA, yang sebelumnya hanya diterima pesepakbola-pesepakbola yang bermain di tim Spanyol atau Italia.
    "Mungkin tidak ada pemain Inggris di sini tetapi saya yakin ini penting bagi Inggris bahwa saya sendiri dan Fernando Torres berada di sini mewakili klub-klub Inggris," kata Ronaldo sebelum upacara.
    "Ini kemenangan bagi fans Inggris juga karena Liga Premier kuat, meskipun kita tidak boleh dilupakan liga-liga di Spanyol dan Italia tetap kuat juga."
    Penghargaan FIFA dipilih oleh pelatih-pelatih dan kapten tim nasional 208-anggota asosiasi induk organisasi sepak bola dunia.
    Ronaldo dipilih di posisi pertama oleh 136 pelatih dan kapten sementara 76 menempatkan Messi di atas.
    Pemain United itu mendapat total poin 935, di atas Messi --yang mendapat 678-- dan 203 untuk Torres.(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009