Kemudian kami menunjuk Kalsel jadi tuan rumah,
Banjarbaru (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), H Sahbirin Noor menjadi anggota kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat.

Penobatan itu langsung dilakukan Ketua Umum PWI Pusat Atal Sembiring Depari yang meminta sang gubernur ke atas panggung ketika dirinya menyampaikan sambutan dalam laporannya sebagai penanggung jawab peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Sabtu.

"Saya minta Paman Birin (sebutan Gubernur Kalsel) naik ke atas panggung menerima pin kehormatan," ucap Atal yang langsung mengenakan jas biru tanda anggota PWI kepada sang gubernur.

Atal menyampaikan, anugerah khusus berupa anggota kehormatan PWI Pusat bukan sembarang diberikan. Namun hanya kepada mereka yang telah berjasa besar kepada insan pers khususnya untuk organisasi PWI.

Baca juga: Pemerintah siapkan pembangunan penunjang Kalsel gerbang IKN

Salah satu yang menjadi pertimbangan yaitu Paman Birin telah menjadi penyelamat gelaran HPN tahun ini. Dimana sebelumnya tuan rumah HPN direncanakan di Sumatera Utara namun akhirnya batal.

"Kemudian kami menunjuk Kalsel jadi tuan rumah. Selanjutnya Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie melaporkan ke gubernur langsung mendapat restu, akhirnya jadilah Bumi Lambung Mangkurat tuan rumah HPN 2020 dan hari ini Presiden Joko Widodo hadir bersama ribuan wartawan dari seluruh tanah air," jelasnya.
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor memberikan sambutan di peringatan HPN 2020 bersama Presiden Joko Widodo. (antara/foto/firman)


Sementara Paman Birin mengucapkan beribu terima kasih kepada PWI Pusat atas kepercayaannya kepada Kalsel.

Baca juga: Enam karya jurnalistik terbaik raih Adinegoro di HPN 2020

"Rakyat Indonesia adalah rakyat pejuang termasuk rakyat di Banua Kalsel. Jadi pantang bagi kami tidak menerima kepercayaan yang diberikan. Dengan bismilah kita maju bersama menyukseskan HPN tahun ini," ungkapnya.

Menurut dia, pers hari ini luar biasa. Hadir di Bumi Lambung Mangkurat dengan membawa ribuan pohon sebagai bentuk persahabatan yang abadi.

"Jadi saya pribadi sangat senang dalam rangkaian HPN ini turut digelorakan penghijauan yang menjadi program unggulan kita Revolusi Hijau," katanya.

Apalagi dengan tema besar "Pers Menggelorakan Kalimantan Selatan Gerbang Ibu Kota Negara", maka Paman Birin semakin yakin dan optimis daerah yang dipimpinnya bakal semakin maju pesat sebagai penyokong Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur.

Baca juga: Dewan Pers ingatkan pers jangan tergelincir di persaingan ruang siber

"Terima kasih pak presiden atas kehadirannya. Kalsel bersama insan pers siap membantu laju pembangunan di tanah Borneo yang bakal jadi Ibu Kota Negara," lanjutnya.

Pewarta: Firman
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2020