Kandungan rumput laut dapat bantu tuntaskan masalah kulit

Kandungan rumput laut dapat bantu tuntaskan masalah kulit

Ilustrasi rumput laut (Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Rumput laut disebut-sebut memiliki banyak mineral, asam amino dan vitamin yang mampu menutrisi tubuh dan kulit.

Ahli kecantikan dan kesehatan kulit dari New York, Amerika Serikat, Lyfia Sarfati dan ahli dermatologi dan bedah kosmetik dari New York, Amerika Serikat, Brendan Camp, menyebutkan rumput laut merupakan sumber alami terbesar untuk perawatan kulit karena kandungannya yang lengkap.

Selama 40 tahun Sarfati melakukan penelitian mengenai manfaat ekstrak rumput laut untuk perawatan kulit dan kecantikan. Melalui penelitian tersebut, Sarfati dapat mengidentifikasi 13 jenis rumput laut yang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit.

Salah satunya adalah Laminaria Digitata, yang merupakan sumber dari 12 vitamin, 18 asam amino, dan 42 elemen lain yang berfungsi untuk merawat kecantikan kulit, mulai dari mengatasi kelebihan minyak hingga penuaan dini, seperti dilaporkan Byrdie.

Baca juga: Manfaat cranberry bagi kulit dan rambut

Baca juga: Cara wanita Korea mendapatkan kulit cantiknya


Berikut ini adalah sejumlah manfaat dari ekstrak rumput laut untuk kecantikan kulit;

1. Mengatur produksi minyak wajah
Rumput laut mengandung berbagai macam protein, vitamin dan mineral yang dapat membantu kulit dalam mengatur aktivitas kelenjar minyak di wajah.

2. Menyamarkan garis halus dan keriput
Laminaria Digitata merupakan jenis rumput laut yang kaya akan sumber alami antioksidan dan asam amino. Dua kandungan tersebut dapat meningkatkan produksi kolagen yang mampu "mengisi" garis halus dan kerutan di wajah, sehingga kulit wajah menjadi lebih kenyal dan tampak muda.

3. Meredakan jerawat serta ruam
Camp mengatakan rumput laut dapat membantu menenangkan kulit sensitif yang mudah meradang dan menimbulkan jerawat serta ruam.

"Rumput laut memiliki fungsi anti peradangan, karena kandungan mineral alami seperti magnesium dan zinc yang diketahui dapat membantu meredakan kemerahan di kulit yang sensitif," kata Camp.

4. Mengangkat sel kulit mati
Sarfati menyebutkan bahwa rumput laut jenis Corallina officinalis memiliki manfaat detoks karena mengandung kalsium karbonat yang secara lembut dapat mengangkat sel kulit mati dari atas permukaan kulit.

5. Melembabkan kulit
Rumput laut tidak hanya mengandung asam lemak yang membantu menjaga kondisi permukaan kulit, namun juga kaya akan polisakarida seperti asam alginik, yang membantu menjaga kelembaban kulit

Baca juga: Setelah "glass skin", "mochi skin" jadi tren kecantikan terkini

Baca juga: Konsumsi buah bisa cerahkan kulit

Baca juga: Cara kendalikan kulit berminyak

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Badan Karantina Pertanian lepas ekspor produk pertanian olahan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar