Jakarta (ANTARA) - Manajer tim Susy Susanti memuji penampilan tim putra Indonesia yang menjadi juara untuk ketiga kalinya pada ajang Badminton Asia Team Championships 2020 di Manila, Filipina, setelah sebelumnya juga menjadi juara pada 2016 di India dan 2018 di Malaysia.

Pada kejuaraan beregu Asia tersebut, tim putra Indonesia naik podium juara setelah mengalahkan Malaysia dengan skor 3-1. Tiga poin kemenangan Indonesia atas Malaysia dipersembahkan Anthony Sinisuka Ginting, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, dan Mohammad Ahsan/Fajar Alfian.

"Luar biasa, hari ini semua lebih siap dibanding kemarin di semifinal. Hari ini lebih yakin karena di SEA Games 2019 menang juga dari Malaysia. Saya lihat pelatih dan pemain keyakinannya lebih besar. Perjuangan mereka luar biasa, sudah menunjukkan yang terbaik," kata Susy melalui keterangan tertulis PP PBSI, Minggu.

Baca juga: Ahsan/Fajar bawa Indonesia juarai Badminton Asia Team Championships
Baca juga: Jonatan gagal kunci kemenangan bagi Indonesia pada partai ketiga


Pada pertandingan final tersebut, satu-satunya kekalahan Indonesia terjadi saat Jonatan Christie turun di partai ketiga.

"Jonatan sudah berusaha, tapi di akhir dia kurang beruntung. Seharusnya kami bisa menang 3-0. Untuk Ahsan/Fajar kenapa dipasangkan, karena kami mempertimbangkan kondisi terakhir atlet dan head-to-head dengan lawan, makanya diputuskan Ahsan/Fajar yang paling siap," tutur Susy.

Baca juga: Indonesia tanpa Hendra Setiawan di final BATC 2020
Baca juga: Fajar sempat canggung dipasangkan dengan Ahsan


Jika melihat catatan rekor pertemuan, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang merupakan ganda kedua Indonesia, pernah dikalahkan ganda kedua Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi di Thailand Open 2019 dengan skor 18-21, 21-16, 21-23.

"Di ganda ini sebetulnya mau diubah-ubah juga kami yakin, karena kami punya benteng yang kuat di ganda. Untuk tim tunggal harus lebih mempersiapkan diri lagi, masih belum konsisten. Anthony (Sinisuka Ginting) tampil baik, tapi Jonatan dan Shesar (Hiren Rhustavito) masih belum stabil," kata Susy.

Susy menuturkan hal-hal yang perlu ditingkatkan lagi adalah penerapan strategi, kecerdikan saat bermain, antisipasi perubahan pola main lawan serta keberanian dan keyakinan dalam menghadapi poin-poin kritis.

Baca juga: Anthony Ginting buka keunggulan Indonesia di final BATC 2020
Baca juga: Minions tambah keunggulan Indonesia atas Malaysia jadi 2-0

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020