Jakarta (ANTARA) - Saat Anda membersihkan wajah sebaiknya jangan terlalu lama menggosok pada satu titik wajah karena bisa memperbesar risiko terjadi iritasi pada titik itu.

"Pastikan tidak bergerak terlalu lama di satu titik, kemungkinan iritasi bisa besar," ujar dokter spesialis ulit dan kelamin, Eddy Karta di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Begini cara pastikan Anda sudah cuci muka dengan benar

Selain itu, sebaiknya juga jangan terlalu menekan kulit wajah karena bisa menyebabkan komedo masuk semakin dalam ke kulit.

Sebaiknya mencuci wajah dilakukan dengan gerakan ke atas untuk melawan gravitasi. "Untuk bagian bawah mata, sebaiknya pakai jari manis karena tekanannya ringan, jadi kulit tidak mudah mengendur," kata dia.

Usai membersihkan wajah, perhatikanlah apa ada tanda-tanda seperti kulit terasa ditarik, perih. Jika ya, bisa jadi produk yang Anda gunakan tak cocok untuk Anda. Atau bisa juga produk itu tidak membantu melembapkan kulit Anda.

Untuk frekuensi pembersihan, Eddy mengajurkan setidaknya membersihkan wajah dua kali sehari dan bisa lebih dari itu tergantung aktivitas yang Anda lakukan.

"Normalnya dua kali tapi beda-beda. Bisa 3-5 kali tergantung aktivitas. Pahami aktivitas, kalau lagi bersih pakai pembersih ini, kalau lagi kotor pakai pembersih itu," tutur dia.


Baca juga: Shawn Mendes tidak cuci muka demi terliat sempurna

Baca juga: Tatjana Saphira pilih perawatan kulit sederhana

Baca juga: Penyebab kulit kencang usai cuci muka

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020