Jakarta (ANTARA) - Max Verstappen menyelesaikan hari pertama tes pramusim di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol, Rabu dan mengaku mobil terbaru Red Bull RB16 yang ia kendarai hari itu lebih cepat dari pendahulunya.

Verstappen menyelesaikan total 168 putaran dan waktu tercepat keempat di hari pembuka tes pramusim dan ia nampak puas.

Baca juga: Hamilton tercepat di hari pertama tes pramusim Barcelona

Baca juga: Red Bull dilarang telat panas jika ingin juara, kata Verstappen


"Mobil ini bekerja sangat baik dengan mesinnya. Itu yang ingin kami lihat, bagi kami itu hal terpenting, sangat senang dengan itu," kata sang pebalap asal Belanda itu seperti dikutip laman resmi Formula 1.

"Kami hanya ingin mengenal mobil ini, mencoba hal-hal baru tentang mobil ini dan mengamati data dan melihat apakah kami bisa lebih baik.

Verstappen sempat kehilangan kendali mobilnya di tikungan 13 setelah melibas gravel, namun mampu menghindarkan mobilnya dari kerusakan.

"Itu yang terjadi ketika kalian ingin melihat batasan dari mobil, apa yang bisa kalian lakukan, untungnya tak ada kerusakan."

"Mobil ini lebih cepat di mana pun, yang merupakan hal bagus, dan reliabilitasnya sepertinya lebih baik, jadi ini positif."

Baca juga: Mobil F1 2020 lebih gesit, Ocon prediksi banyak rekor sirkuit pecah

Baca juga: Ferrari lakukan pendekatan berbeda di tes pramusim Barcelona


Tahun ini merupakan musim kedua bagi Red Bull bermitra dengan Honda sebagai pemasok power unit.

Bersama pabrikan asal Jepang itu, Red Bull memperoleh hasil positif dengan tiga kemenangan Verstappen di Austria, Jerman dan Brazil, serta dua pole position pertama di karier sang pebalap pada tahun lalu.

Di hari pertama tes pramusim kali ini Lewis Hamilton tampil sebagai yang tercepat dengan waktu satu menit 16,976 detik, sedangkan rekan satu timnya, Valtteri Bottas mempertegas kecepatan mobil Mercedes W11 hari itu di peringkat kedua dengan waktu satu menit 17,313 detik.

Dengan padatnya kalender musim 2020 yang terdiri dari 22 seri balapan, meski Grand Prix China dibatalkan, Formula 1 mengurangi jadwal tes pramusim di Catalunya dari delapan hari menjadi enam hari yang akan dibagi dalam dua pekan sebelum seri perdana yang akan digelar di Melbourne, Australia pada 15 Maret nanti.

Baca juga: Demi pencegahan virus corona, McLaren batasi akses di tes Barcelona

Baca juga: Russell rasakan peningkatan performa mobil baru Williams di Barcelona

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020