Jakarta (ANTARA) - Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts enggan menjadikan hasil uji coba pada laga pramusim sebagai acuan untuk menyongsong bergulirnya Liga 1 Indonesia yang akan mulai berlangsung pada akhir Februari ini.

Selama laga pramusim, Persib hanya kalah dua kali dari Selangor FA dan PSCS Cilacap. Sisanya, Maung Bandung terus menuai hasil positif. Namun bagi Albert, raihan positif itu bukanlah kejaran utama selama pramusim namun lebih mematangkan tiap lini.

"Di pramusim, skor bukan yang kami cari. Tapi kami fokus kepada pembangunan tim, dan peningkatan stamina," kata Robert dilansir dari laman resmi klub, Kamis.

Baca juga: Persib lawan Persikabo digelar di GBLA tanpa penonton

Pelatih asal Belanda itu mengatakan apabila berkaca pada laga-laga pramusim di Eropa, setiap klub tidak mencari kemenangan. Mereka lebih fokus untuk mengembalikan kebugaran pemain usai libur panjang.

Merujuk pada kondisi itu, maka Robert pun melakukan hal serupa agar saat kompetisi resmi dimulai seluruh kebugaran pemain dalam keadaan terbaiknya.

"Jika Anda lihat sepakbola di negara maju, mereka tidak fokus kepada hasil (selama pramusim). Mereka fokus mengembalikan performa tim agar optimal lagi," kata dia.

Baca juga: Pelatih Persib Bandung puas atas kebugaran pemain

Menurutnya, persiapan yang sudah dilakukan secara matang dan detail akan berbuah manis saat jalannya kompetisi. Dengan kata lain, hasil juga ditentukan oleh serangkaian persiapan sebelum Liga 1 Indonesia bergulir.

"Jika di pramusim kita fokus di pengembangan dan pemantapan tim, hasil akan mengikuti pada saat liga dimulai. Saya berharap seperti itu," katanya Robert.

Baca juga: Rene Alberts nilai permainan Persib sudah stabil
Baca juga: Zulham Zamrun belum puas dengan performanya dalam laga persahabatan


Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020