Dinkes Sumsel nyatakan seorang pasien RSMH negatif COVID-19

Dinkes Sumsel nyatakan seorang pasien RSMH negatif COVID-19

Kepala Dinkes Sumsel, Lesty Nuraini beserta Tim Penyakit Infeksi Emerging (PIE) RSUP Mohammad Hosein Palembang saat menyampaikan hasil pemeriksaan terhadap pasien terduga COVID-19, Senin (24/2) (ANTARA/Aziz Munajar/20)

Palembang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan menyatakan seorang pasien Rumah Sakit Umum Pusat Muhammad Hoesin Palembang berinisial THO negatif dari COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, Lesty Nurainy di Palembang, Senin, mengatakan THO (62) yang masuk ruang isolasi RSMH pada 17 Januari 2020 telah diambil sampelnya sebanyak 2 kali untuk memastikan hasil pemeriksaan.

Baca juga: RSMH tetap kirim spesimen meski pasien tidak penuhi kriteria COVID-19

"Tanggal 20 sampel pertama ke luar dan hasilnya negatif, tapi harus diambil sampel sekali lagi dikirim ke Litbangkes di Jakarta, hari ini hasilnya sudah ke luar dan dinyatakan negatif lagi," ujar Lesty saat memberi keterangan pers.

Saat ini kondisi THO sudah membaik dan berada di ruang inap setelah berada di ruang isolasi selama delapan hari.

Menurut dia THO yang bepergian dari Malaysia pada 11-15 Februari memang memiliki riwayat radang paru-paru akut dan sebenarnya rutin berobat ke Malaysia, dimasukkannya THO ke ruang isolasi berdasarkan rujukan dari RS Charitas Palembang yang menyertakan kriteria untuk diisolasi.

"Karena sudah dirujuk maka RSMH bekerja sesuai SOP, dimasukkan ke ruang isolasi lalu diperiksa mendalam lagi oleh Penyakit Infeksi Emerging (PIE) RSMH," tambah Lesty.

Baca juga: RSMH Palembang isolasi pasien diduga terinfeksi COVID-19

Dalam pemeriksaannya, Balai Besar Laboratorium Kesehatan Palembang mengambil tiga sampel dari THO berupa swap nasofaring, dahak dan darah lalu mengirimkannya ke Litbangkes Jakarta sebanyak dua kali pada 17 dan 21 Februari.

Sementara Ketua Tim Penyakit Infeksi Emerging (PIE) RSUP Mohammad Hosein Palembang, dr. Zen Ahmad, menambahkan bahwa sejak awal gejala batuk dan sesak napas yang diidap THO pasca pulang dari Malaysia tidak memenuhi kriteria COVID-19.

"Kami berkesimpulan THO mengidap radang paru-paru akut akibat bakteri biasa, bukan disebabkan virus," jelas dr. Zein Ahmad.

Dengan dua hasil pemeriksaan tersebut THO sudah dirawat seperti pasien radang paru-paru lainnya, tim dokter jug akan memutuskan terkait kepulangannya dari RSMH.

"Jadi kalau hasil klinis rumah sakit sudah mengizinkannya pulang kami harap tidak ada ketakutan lagi dari masyarakat," kata dr. Zein.

Baca juga: Pasien sejenis corona pernah ditangani RSMH Palembang

Pewarta: Aziz Munajar
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Ikan hias menjadi pilihan penghilang rasa bosan selama WFH

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar