"Rapper" Ayasel dikecam karena singgung tradisi Mekkah

"Rapper" Ayasel dikecam karena singgung tradisi Mekkah

Tangkapan layar video musik rapper Ayael Slay berjudul "Bint Mecca" atau "Girl from Mecca". (ANTARA/YouTube)

Jakarta (ANTARA) - Gubernur Mekkah memerintahkan penangkapan rapper wanita Saudi, Ayasel Slay, setelah gelombang kecaman keras di media sosial yang menuduh penyanyi itu telah menyingung kebiasaan dan tradisi kota suci.

Banyak warga Mekkah dan warganet mengecam video musik lagu Ayasel berjudul "Bint Mecca" atau "Girl from Mecca" yang ditayangkan di saluran YouTube Ayasel.

Lagu tentang gadis-gadis Mekkah itu dianggap sebagai penghinaan terhadap kesucian Kota Mekkah. Dalam video itu, Ayasel bernyanyi di sebuah kafe dengan sekelompok anak sebagai penari latar.

Baca juga: Tekashi69 dihukum 2 tahun penjara, mengaku bersalah sambil menangis

Baca juga: Rapper Lil Reese dikabarkan kritis setelah ditembak orang tak dikenal


Dalam video itu, seorang wanita Saudi yang diidentifikasi sebagai Ayasel Slay mengetuk tentang kesombongannya karena berasal dari Mekkah, rumah bagi situs paling suci dalam Islam, Ka'bah.

"Hanya seorang gadis Mekkah yang kamu butuhkan. Jangan membuatnya kesal, dia akan menyakitimu," kata Ayasel, menggambarkan bagaimana seorang wanita dari Mekkah melebihi semua wanita Saudi lainnya dalam keindahan dan kekuatan.

"Dengan dia, kamu bisa menyelesaikan Sunnah [menikah]. Hidupmu dengannya akan menjadi surga," sebagian lirik lagu rap yang dinyanyikan Ayasel, sebagaimana dilaporkan Al Jazeera, dikutip Senin.

Pada hari Kamis, otoritas regional Mekkah mengatakan dalam sebuah tweet bahwa gubernur telah mengeluarkan perintah agar Ayasel dan tim produksi video dituntut.

"Pangeran Khalid bin Faisal dari Makkah telah memerintahkan penangkapan orang-orang yang bertanggung jawab atas lagu rap Bint Mecca, yang menyinggung kebiasaan dan tradisi masyarakat Makkah dan bertentangan dengan identitas dan tradisi penduduknya yang terhormat," kata tweet itu.

Lagu ini telah menarik reaksi keras dari media sosial, dengan nada rasial yang digunakan dalam tagar # You_Are_Not_Mecca's_Girls yang ditujukan kepada Ayasel yang berdarah Afrika.

Baca juga: Penyanyi rap Pop Smoke tewas ditembak di dalam rumah

Baca juga: Snoop Dogg membuat album hip hop pengantar tidur bayi

Baca juga: Rapper 50 Cent sewa toko mainan untuk hadiah Natal anak

Pewarta: Suryanto
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar