Innalillahi wainna ilaihi rajiun, duka cita mendalam semoga almarhumah Allah ampuni dosa-dosa Dia dilapangkan alam kuburnya dan ditempatkan kelak di Jannah-Nya
Pekanbaru (ANTARA) - Seorang hajah asal Kota Dumai yakni Asmimar binti Ruslan Majid (74) tergabung dalam Kloter BTH-13 meninggal di Rumah Sakit King Faisal Makkah Almukarramah, Jumat (30/6).

"Innalillahi wainna ilaihi rajiun, duka cita mendalam semoga almarhumah Allah ampuni dosa-dosa Dia dilapangkan alam kuburnya dan ditempatkan kelak di Jannah-Nya dan keluarga besar yang ditinggalkan tetap diberikan ketabahan, kekuatan dan kesabaran," kata Kepala Kanwil Kemenag Riau Mahyudin dalam keterangannya seperti disampaikan Humas Kemenag Riau, Ana di Pekanbaru, Jumat.

Sedangkan berita duka atas nama Asmimar binti Ruslan Majid itu disampaikan Ketua Kloter Riko Pilihantoni kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau Mahyudin yang juga berada di Makkah dalam tugas memantau pelaksanaan pelontaran jumrah.

Ia mengatakan, sebagian jamaah haji pada Jumat (30/6) ini yang mengambil nafar awal secara berangsur akan bergeser ke hotel di Kota Makkah. Untuk jamaah yang mengambil nafar awal di hotel tidak di sediakan makan oleh maktab, karena makanan masih di Mina.

Begitu juga sebagaimana sudah disampaikan bahwa 14-15 Dzulhijjah layanan konsumsi diberhentikan sementara, jamaah bisa mencari konsumsi secara mandiri atau berkoordinasi dengan ketua regu dan rombongan. Jemaah akan mendapatkan layanan konsumsi kembali pada 16 Dzulhijjah.

"Kepada JH yang akan melaksanakan tawaf ifadhah agar mencari waktu yang tepat untuk melaksanakannya," katanya.

"Jamaah yang akan melakukan thawaf ifadhah, kami menghimbau untuk mencari waktu yang tepat seperti setelah sholat isya atau setelah sholat subuh. Bagi jamaah yang lansia bisa melalui pendorongan resmi atau dengan menggunakan scuter, atau jika lansia tersebut bisa memakai scuter atau ada yang mendampingi.

Ia berharap kepada petugas petugas kloter atau panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) kloter bisa membantu jamaah lansia dalam melaksanakan tawaf ifadhah-nya.

Mahyudin juga berpesan kepada jamaah haji Riau lain untuk tetap mengikuti instruksi petugas kloter, rajin mengkonsumsi air minum dan selalu menggunakan alat perindung diri (APD) jika berada di bawah terik matahari langsung.

"Jamaah haji jangan memaksakan diri untuk melontar jumrah pada waktu afdal akan tetapi manfaatkan waktu yang telah ditetapkan oleh maktab bekerjasama dengan petugas kloter," katanya.

Berikut informasi tiga jamaah haji  Riau meninggal di Kota Makkah yakni Subani Firdaus Samad Thaha No. Porsi 0400084499 Asal Kota Pekanbaru tergabung dalam BTH-08. Yeni Artati binti Raja Yoesoef (63) No. Porsi 400084210 Berasal dari Kabupaten Kuantan Singingi tergabung dalam BTH-13.

Sholeh Bin Tarwan Abdullah No. Porsi 400067258 berasal dari Kabupaten Siak tergabung dalam BTH-15, Asmimar binti Ruslan Majid (74) Berasal dari Kota Dumai tergabung dalam BTH-13.

Baca juga: Petugas bagikan kurma dan oralit ke jamaah jelang lempar jumrah
Baca juga: Seorang hajah lansia asal Garut meninggal di Mina karena sakit
Baca juga: Legislator sarankan buat landasan hukum pemenuhan fasilitas haji

Pewarta: Frislidia
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023