Yogyakarta (ANTARA News) - Tiga musisi dari Belanda yang menamakan diri "Trio Storioni" akan menggelar konser musik klasik di auditorium Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, 7 Februari 2009.

"Ketiga musisi Belanda yang telah memiliki jam terbang tinggi itu adalah Bart van de Roer (piano), Wouter Vossen (biola), dan Marc Vossen (cello)," kata Direktur Karta Pustaka, Anggi Minarni di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, dalam konser itu mereka akan memainkan repertoar Haydn Trio in G "Alla Zingarese", Mozart Trio in Bes, dan Dvorak Dumky Trio. Konser semacam itu sangat jarang bisa dinikmati di Yogyakarta, begitu pula pilihan repertoarnya.

"Konser musik klasik oleh Trio Storioni di Yogyakarta itu digelar atas kerja sama Karta Pustaka dengan Fakultas Kedokteran UGM dan Erasmus Huis Jakarta," katanya.

Ia mengatakan, Trio Storioni sangat dikenal di Belanda dan Eropa. Mereka memainkan repertoar dengan cakupan yang luas, dari masa Haydn, Mozart, Beethoven, Schubert, Brahms, Ravel, dan Shostakovich, hingga karya-karya komponis kontemporer masa kini.

Mereka juga sering tampil dalam satu format bersama Emerson Kuartet, Altenberg Trio dari Wina, serta bersama musisi-musisi besar seperti Isaac Stern, Menahem Pressler, dan Mstislav Rostropovich.

"Trio itu dibentuk pada 1995, mengambil nama dari biola Laurentius Storioni dari Cremona, Italia buatan tahun 1794. Biola inilah yang dimainkan oleh Wouter Vossen. Sedangkan cello yang akan dimainkan oleh Marc Vossen adalah cello Giovanni Grancino dari Milan, Italia, buatan tahun 1700," katanya

Menurut dia, Trio Storioni itu sangat aktif menggelar konser di dalam maupun luar negeri. Konser di Indonesia akan dilaksanakan di Yogyakarta, Jakarta, Semarang dan Surabaya.

Pada kesempatan itu, Karta Pustaka bekerja sama dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta juga membuka kesempatan bagi para mahasiswa musik klasik untuk mengikuti masterclass cello, piano, dan biola yang akan diberikan oleh Trio Storioni.

"Kegiatan itu akan dilaksanakan di kampus ISI Yogyakarta jurusan musik pada 7 Februari 2009, sebelum konser," katanya.(*)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009