Penularan virus itu tergantung pada daya tahan tubuh manusia
Pangkalpinang (ANTARA) - Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Naziarto mengimbau masyarakat setempat tidak panik dan tetap tenang dalam menyikapi temuan kasus pengidap virus corona (COVID-19) di Indonesia.

"Masyarakat perlu mendapatkan pemahaman menyeluruh terhadap pola pencegahan dan penanganan kasus jika terinfeksi virus berbahaya tersebut," kata dia di Pangkalpinang, Selasa.

Menurut dia, pola pencegahan yang paling bisa dilakukan saat ini yaitu tetap menjaga pola hidup sehat dan bersih, serta mengonsumsi makanan sehat, bergizi, dan berimbang.

"Penularan virus itu tergantung pada daya tahan tubuh manusia," ujarnya.

Di Babel, katanya, melalui pihak terkait telah disiapkan berbagai langkah terhadap pencegahan maupun penanganan virus tersebut.

Dalam waktu dekat ini, pihaknya juga bersama-sama pemerintah kabupaten/kota melakukan gerakan gotong royong kebersihan lingkungan.

Perhatian Pemprov Babel untuk pencegahan virus corona itu menjadi perhatian serius Gubernur Babel Erzaldi Rosman yang akan menyempatkan diri untuk turun langsung ke masyarakat Belitung Timur dalam kegiatan tersebut pada Jumat (6/3).

Baca juga: RSUP Soekarno Babel nyatakan ND negatif terpapar virus corona

Gubernur Erzaldi, menurut Naziarto, telah menginstruksikan kepada seluruh OPD di lingkungan pemprov setempat untuk turun ke masyarakat, dan bersama siswa SMA/SMK ke lapangan guna memberikan edukasi dan sosialisasi tentang virus corona.

Dalam aksi kebersihan lingkungan itu, Pemprov Babel akan bersama-sama pemerintah kabupaten/kota melakukan gerakan meningkatkan kebersihan lingkungan.

Ia mengatakan aksi bersih lingkungan tersebut mengangkat tema "Lindungi diri kita dari virus corona dengan PHBS".

Gerakan tersebut akan melalui berbagai kegiatan, antara lain gotong royong bersih lingkungan di seluruh kabupaten/kota, edukasi dan sosialisasi mengenai pola hidup sehat kepada masyarakat.

"Dengan pola itu kami berharap secara dini masyarakat dapat mengantisipasi terjadinya penularan penyakit, termasuk virus corona, yang kini telah ada kasus di negara kita," katanya.

Baca juga: RSUP Soekarno Babel isolasi warga diduga terinfeksi virus corona
Baca juga: Babel periksa kesehatan awak kapal kargo asing

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020