Cilacap (ANTARA News) - Sebagian ruas jalan nasional Wangon-Karangpucung yang berada pada jalur selatan Jawa Tengah tergerus longsor akibat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut dalam beberapa hari ini.

"Ruas jalan yang tergerus berada di antara Wangon (Kabupaten Banyumas) hingga Karangpucung (Kabupaten Cilacap), tepatnya pada kilometer (km) 48+500 atau di Kecamatan Lumbir (Banyumas)," kata Kepala Balai Pelaksana Teknis Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Tengah wilayah Cilacap, Priyono, di Cilacap, Minggu.

Menurut dia, longsoran pada ruas jalan itu menggerus badan jalan selebar 1,5 meter, dengan panjang 3 meter.

Dengan demikian, kata dia, arus kendaraan yang melintas di jalur tersebut menjadi tersendat karena harus berjalan bergantian.

Ia mengatakan, pihaknya akan segera memasang pasak bambu untuk menahan longsoran.

"Hari Senin, kami akan segera memasang bronjong pada badan jalan yang longsor itu," katanya.

Seperti yang diketahui, ruas jalan di jalur selatan Jateng khususnya ruas Wangon hingga batas Jawa Barat, rawan longsor di musim hujan karena banyak terdapat daerah patahan sehingga tanahnya labil.

Berdasarkan catatan ANTARA, sepanjang tahun 2008 sedikitnya tiga titik longsor pada jalan nasional tersebut berada di Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap, masing-masing di Km 57 longsor sepanjang 20 meter, Km 58 sepanjang 40 meter, dan Km 65 sekitar 30 meter.(*)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009