Semarang (ANTARA News) - Juara dunia kelas bulu WBA, Chris John tidak akan menjaga jarak bertarung saat menghadapi penantangnya, Rocky Juarez pada tarung pilihan atau "choice" di Toyota Center, Houston, Texas, Amerika Serikat, 28 Febuari 2009.

"Permainan yang kita siapakan adalah bisa main jarak jauh dan jangka panjang karena jangkauan pukulannya dengan Juarez tidak berbeda jauh," kata petinju dengan julukan The Dragon ketika dihubungi dari Semarang, Senin.

Menurut suami mantan atlet wushu Jateng, Anna Maria Megawati tersebut, dilihat dari tinggi badan, dirinya lebih tinggi sedikit dibandingkan calon lawannya makanya permainan yang akan diterapkan agar bisa menjangkau jarak pendek maupun panjang.

Tetapi, kata petinju kelahiran Kabupaten Banjarnegara, Jateng, tersebut, lawannya memiliki pukulan hook kiri yang mematikan makanya dirinya harus mewaspadai pukulan tersebut karena secara tiba-tiba petinju tuan rumah itu melancarkan pukulan andalannya.

Petinju yang sudah 10 kali mempertahankan gelar sejak merebut dari tangan petinju Kolombia, Oscar Leon di Bali 2003 itu, dirinya sudah siap untuk menghadapi Rocky Juarez yang tidak boleh dianggap ringan.

Bahkan, kata ayah dua orang putri tersebut, justru Juarez lebih berat dibandingkan petinju Jepang, Hiroyuki Enoki yang dihadapi pada tarung wajib atau "mandatory fight" di Tokyo, 24 Oktober 2008.

Juarez sudah empat kali berusaha merebut gelar juara dunia di antaranya melawan Humberto tetapi gagal, sedangkan pertarungan melawan Chris John adalah yang kelima kalinya dalam rangka merebut gelar juara dunia.

Semantara itu bagi Chris John, pertarungan melawan Juarez adalah yang ke-11 kali untuk mempertahankan gelarnya.

Pertarungan terakhir yang dijalani Chris John adalah melawan Enoki untuk tarung wajib, sedangkan tarung pilihan terakhir untuk pilihan adalah juga melawan petinju Jepang juga, Zaiki Takemoto.

Tetapi bertarung di Negeri Paman Sam adalah pertama kalinya bagi Chris John karena pertarungan yang dilakukannya lebih banyak dimainkan di Indonesia baik di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur dan Jakarta.

Pertarungan di luar negeri yang dijalani Chris John adalah saat menghadapi Tommy Browne (Australia), Osamu Sato, Zaiki Takemoto, dan Enoki (ketiganya dimainkan di Jepang). Jadi upaya mempertahankan gelar dengan Chris John di kandang lawan di Amerika itu bukan yang pertama kali dilakukannya. (*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009