Kuncinya adalah menjaga perilaku hidup bersih dan sehat seperti menjaga kesehatan, menjaga pola makan dan minum, serta memenuhi gizi seimbang
Belitung,Babel (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengajak masyarakat di daerah itu membudayakan mencuci tangan memakai sabun, guna mencegah penularan virus corona (COVID-19).

"Masyarakat diharapkan menerapkan pola hidup bersih dan sehat karena kalau kekebalan tubuh kita bagus mungkin tidak akan kena," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Agus Sulistiadi di Tanjung Pandan, Rabu.

Dia menjelaskan dengan gemar mencuci tangan serta menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat maka dapat meningkatkan imunitas tubuh dari serangan virus.

"Kuncinya adalah menjaga perilaku hidup bersih dan sehat seperti menjaga kesehatan, menjaga pola makan dan minum, serta memenuhi gizi seimbang," ujarnya.

Dinkes Belitung telah berkoordinasi dengan beberapa pihak terkait dalam penangan penderita corona jika nantinya ditemukan di daerah itu.

"Kami sudah siapkan mulai dari SDM kemudian SOP dan peralatan medis yang diperlukan kalau ditemukan kejadian di masyarakat ada yang dicurigai virus itu," katanya.

Ia mengimbau masyarakat tidak panik menyikapi kasus COVID-19, apalagi dengan membeli masker dalam jumlah banyak atau sikap panik lainnya.

"Perilaku memborong pembelian masker dalam jumlah banyak itu karena ketakutan dan juga panik," ujarnya.

Baca juga: Wakil Wali Kota Metro imbau warga rutin cuci tangan
Baca juga: Akademisi ingatkan pentingnya cuci tangan cegah Covid-19
Baca juga: Penggunaan masker dan cuci tangan upaya hindari COVID-19, sebut IAKMI

 

Pewarta: Kasmono
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020