Tiga kapal Ro-Ro milik ASDP siap melayani arus mudik Lebaran 2024 di pelabuhan penyeberangan Tanjung Ru
Tanjungpandan (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengatakan sebanyak tiga kapal Ro-Ro siap melayani arus mudik Lebaran 2024 di pelabuhan penyeberangan Tanjung Ru.

Kepala UPT Pengelolaan Prasarana Teknis Perhubungan Dinas Perhubungan Belitung, Gitono di Tanjung Pandan, Selasa mengatakan tiga kapal Ro-Ro tersebut adalah KMP. Menumbing Raya, KMP. Gorare, dan KMP. Puteri Leanpuri.

"Tiga kapal Ro-Ro milik ASDP siap melayani arus mudik Lebaran 2024 di pelabuhan penyeberangan Tanjung Ru," ujarnya.

Menurut dia, KMP. Menumbing Raya melayani rute penyeberangan Tanjung Ru, Belitung menuju pelabuhan Sadai, Bangka Selatan dengan kapasitas 27 unit kendaraan campuran dan 150 penumpang.

Sedangkan untuk KMP. Gorare melayani rute yang sama dari pelabuhan penyeberangan Tanjung Ru, Belitung menuju pelabuhan Sadai, Bangka Selatan dengan kapasitas 11 unit kendaraan campuran dan 55 penumpang.

Kemudian untuk KMP. Puteri Leanpuri melayani rute pelabuhan Tanjung Ru menuju pelabuhan Tanjung Nyato di Kecamatan Selat Nasik dengan kapasitas 18 unit kendaraan campuran dan 120 penumpang.

Gitono menambahkan, KMP. Menumbing Raya melayani berlayar tiga kali dalam seminggu yakni Selasa, Kamis, dan Sabtu.

KMP. Gorare berlayar dua kali dalam seminggu setiap hari Rabu dan Minggu. Sedangkan KMP. Puteri Leanpuri berlayar setiap hari.

"Apabila nantinya terjadinya lonjakan penumpang atau pemudik maka biasanya pihak operator akan menambah jumlah pelayaran untuk mengakomodir penumpang maupun kendaraan," ujarnya.

Gitono memprediksikan, puncak arus mudik Lebaran 2024 di pelabuhan Tanjung Ru akan terjadi pada, Kamis (4/4) dan Sabtu (6/4) karena telah memasuki masa libur menyambut Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Kami prediksikan puncak arus mudik Lebaran 2024 akan terjadi pada tanggal-tanggal tersebut karena sudah mulai libur," katanya.

Dikatakannya, diperkirakan sebanyak 450 kendaraan akan melewati pelabuhan penyeberangan Tanjung Ru selama musim mudik Lebaran 2024.

"Kami prediksikan ada sekitar 450 kendaraan yang akan menyeberang ke pelabuhan Sadai Bangka Selatan selama musim mudik Lebaran 2024 meningkat jika dibandingkan periode Maret hanya sekitar 342 kendaraan," ujarnya.

Baca juga: Dishub Belitung bangun posko angkutan lebaran
Baca juga: Dishub Belitung gerak cepat tangani laporan kerusakan PJU

Pewarta: Kasmono
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024