Posko ini untuk mengatasi lonjakan arus mudik tahun ini yang perkirakan meningkat hingga 20 persen
Pangkalpinang (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyiapkan empat posko pelayanan mudik Lebaran 2023/Idul Fitri 1444 Hijriah, guna mengantisipasi lonjakan arus mudik pasca-pandemi COVID-19.

"Posko ini untuk mengatasi lonjakan arus mudik tahun ini yang perkirakan meningkat hingga 20 persen," kata Kepala Dishub Provinsi Kepulauan Babel Asban Aris di Pangkalpinang, Minggu.

Ia mengatakan posko layanan mudik Lebaran 2023/Idul Fitri 1444 Hijriah itu sudah dibangun di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok Bangka Barat, Pelabuhan Tukak Sadai Bangka Selatan, Pangkalbalam Pangkalpinang, dan Bandara Depati Amir Pangkapinang.

"Kami memperkirakan arus mudik tahun ini akan terjadi pada 15 April hingga H-1 Lebaran Idul Fitri nanti," ujar Asban Aris.

Baca juga: Pj Gubernur Babel pantau kesiapan mudik di Bandara Belitung

Menurut dia, lonjakan arus balik Lebaran/Idul Ftri tahun ini diprediksi terjadi pada 3 Mei 2023, sehingga perlu dilakukan langkah-langkah agar arus mudik tahun ini berjalan aman, lancar, dan tertib.

"Saat ini arus mudik di bandara dan pelabuhan masih normal dan diperkirakan akan terjadi pada 15 April nanti," ujarnya.

Ia mengimbau pemudik untuk mengutamakan keselamatan dan kesehatan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan COVID-19.

"Kami mengimbau masyarakat pemudik menggunakan angkutan laut dan udara tidak membawa bawaan terlalu banyak, tidak memakai perhiasan berlebihan agar terhindar dari tindak kejahatan selama perjalanan mudik ke kampung halamannya," ucap Asban Aris. 

Baca juga: Polda Babel dirikan 32 posko mudik Lebaran
 
 

Pewarta: Aprionis
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023