Polisi pastikan pelat merah tak kebal tilang elektronik

Polisi pastikan pelat merah tak kebal tilang elektronik

Kendaraan dinas milik Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat terparkir di area parkir DPRD Kabupaten Bekasi. (Foto: Pradita Kurniawan Syah).

Cikarang, Bekasi (ANTARA) - Kepolisian Resor Metro Bekasi memastikan kendaraan pelat merah milik instansi pemerintah tidak kebal tilang elektronik (Elektronic Traffic Law Enforcement/e-TLE).

Kepala Kepolisian Resor Metro Bekasi Kombes Pol Hendra Gunawan mengatakan, kepolisian akan tetap memberlakukan sanksi bagi para pengendara berpelat merah jika terbukti melakukan pelanggaran.

"Tidak ada pengecualian, termasuk kendaraan berpelat merah apabila melakukan pelanggaran akan kita tindak," kata Hendra, Jumat (6/3/2020).

Hendra mengatakan saat ini progres penerapan tilang elektronik di Simpang Sentra Grosir Cikarang (SGC) masih dalam pembenahan dan akan diujicobakan dalam waktu dekat.

"Uji coba kemungkinan akan kita lakukan dari hari Sabtu sampai dengan Selasa besok. Itu uji coba ya, bukan sosialisasi," ungkapnya.

Apabila dari hasil uji coba itu maksimal selanjutnya pihak kepolisian akan menyosialisasikan penerapan tilang elektronik terlebih dahulu kepada masyarakat.

"Sosialisasi kurang lebih satu bulan. Kita akan buat papan informasi yang menyebut bahwa di lokasi tersebut ada kamera pengawas yang merekam segala bentuk pelanggaran yang dilakukan para pengendara, baik pengendara roda dua, roda empat, maupun roda enam," kata dia.

Kapolres mengimbau agar masyarakat mulai membiasakan diri berlaku tertib lalu lintas meski tidak ada petugas kepolisian yang berjaga di satu titik ruas jalan tertentu.

"Tertib lalu lintas dimulai dari diri sendiri, diawali dengan kesadaran pengguna jalan mematuhi segenap aturan serta rambu-rambu lalu lintas," ucapnya.

Baca juga: Dua hari penindakan, 318 pemotor terkena tilang kamera ETLE

Baca juga: 161 motor kena tilang elektronik pada hari pertama

Baca juga: Polda Metro pasang kamera ETLE di Jalan Layang Non Tol

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Diskominfo Kota Bandung siapkan 227 CCTV untuk tilang elektronik

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar