Jakarta 27/2 (ANTARA) - Sebagai bagian bentuk transparansi informasi, sejak tahun 2002 PT Pertamina (Persero) menyelenggarakan Anugerah Jurnalistik Pertamina. Penghargaan tahunan ini merupakan ajang apresiasi yang diberikan PT Pertamina (Persero) kepada insan pers atas karya jurnalistik khusus bidang minyak, gas dan panasbumi. Penyelenggaraan Anugerah Jurnalistik Pertamina 2008 diharapkan dapat menjadi sebagai sarana pemacu motivasi profesionalisme jurnalistik dalam menyampaikan informasi dan mengedukasi publik secara komprehensif, berdasarkan pada keakuratan fakta dan data, proporsional dan berwawasan ke depan.

     Peserta
   
     Semua wartawan media cetak dan elektronik baik koran, majalah, tabloid, cybernews, televisi dan radio (yang dapat diakses oleh masyarakat). Peserta kelompok media cetak adalah penulis perorangan dan khusus untuk majalah dapat berkelompok. Peserta kelompok media elektronik merupakan perorangan maupun tim.

     Persyaratan Karya Jurnalistik
   
     Karya jurnalistik yang diusulkan untuk mendapatkan Anugerah Jurnalistik Pertamina adalah yang memenuhi kategori sebagai berikut:
   
     - Karya jurnalistik perorangan atau kelompok, bukan saduran, bukan terjemahan dan juga bukan rangkuman.
     - Karya foto perorangan.
     - Tema adalah bidang minyak, gas dan panasbumi.
     - Disampaikan dalam bahasa Indonesia/bahasa Inggris yang memenuhi kaidah bahasa jurnalistik yang baik dan benar.
     - Dimuat dalam media cetak atau elektronik di Indonesia dalam kurun waktu +/- satu tahun dari 1 Agustus 2007 sampai dengan 10 Desember 2008.

     Kategori Karya Jurnalistik
   
     Dalam Anugerah Jurnalistik Pertamina 2008, terdapat tujuh kategori yang dilombakan dan satu kategori khusus yakni sebagai berikut:
   
     1. Berita/reportase Media Cetak.
     2. Feature Media Cetak.
     3. Feature TV.
     4. Feature Radio.
     5. Berita/reportase Media Cyber.
     6. Feature Media Cyber.
     7. Foto Terbaik.
     8. Grand Prize/Best of the Best.
   
     Dewan Juri
   
     Seluruh pemenang ditentukan oleh juri yang mewakili bidang pers, pendidikan, migas dan bisnis. Kelima orang juri tersebut adalah:

     - Aviliani, pengamat ekonomi Institute for Development of Economics and Finance (Indef)
     - Pri Agung Rakhmanto, ketua Reforminer
     - Arbain Rambey, fotografer senior
     - Budiarto Shambazy, wartawan senior
     - Albert Kuhon, dosen jurnalistik di sebuah perguruan tinggi swasta dan mantan wartawan yang diakui pada jamannya.

     Hadiah
   
     Seluruh pemenang untuk masing-masing kategori mendapatkan hadiah sebagai berikut:
   
     - Kategori penilaian Berita/Reportase (Cetak dan Cyber) : Piala, piagam dan uang untuk pemenang sebesar Rp 15.000.000,- (lima belas juta rupiah). Kepada dua nominator lain, masing-masing memperoleh apresiasi berupa piagam dan uang sebesar Rp 5.000.000,- (lima juta rupiah).
     - Kategori penilaian Feature (Cetak, Radio dan TV) : Piala, piagam dan uang untuk pemenang sebesar Rp 25.000.000,- (dua puluh lima juta rupiah).
     - Kepada dua nominator lain masing-masing memperoleh apresiasi berupa piagam dan uang sebesar Rp 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah).
     - Kategori Foto Jurnalistik: Piala, piagam dan uang untuk pemenang sebesar Rp 25.000.000,- (dua puluh lima juta rupiah). Kepada dua nominator lain memperoleh apresiasi berupa piagam dan uang sebesar Rp 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah).
     - Grand Prize: Karya terbaik dari yang terbaik akan memenangkan hadiah tambahan berupa beasiswa kursus singkat jurnalistik di luar negeri.

     Media contact:
     Anang Noor
     Vice President, Communications
     PT Pertamina (Persero)
     No. telp (mobile): 0811 166 519


Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2009