Jakarta (ANTARA) - AP I: Pendatang dari Iran, Korsel dan Italia wajib bersertifikat sehat hingga Sektor UKM dibidik tumbuh lima persen tahun ini, berikut lima berita ekonomi kemarin yang masih layak Anda simak:

1. AP I: Pendatang dari Iran, Korsel dan Italia wajib bersertifikat sehat

PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I memperbolehkan pendatang dari tiga negara, yakni Iran, Korea Selatan, dan Italia masuk ke Indonesia melalui bandara asalkan membawa sertifikat kesehatan.

"Kemarin Kamis (5/3/2020) kita rapat di Kementerian Perhubungan dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan atau KKP, apakah boleh pendatang dari ketiga negara tersebut masuk ke Indonesia? Boleh (datang ke Indonesia), asalkan mereka membawa sertifikat kesehatan," ujar Direktur Operasional AP I Wendo Asrul Rose di Jakarta.

Simak berita lengkapnya di sini

2. Wapres merendah saat terima gelar Bapak Ekonomi Syariah Indonesia

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin menerima penghargaan gelar kehormatan sebagai "Bapak Ekonomi Syariah Indonesia" dari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau, di Kota Pekanbaru, Jumat.

Pemberian gelar kepada Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin berlangsung di aula Rektorat UIN Suska Riau oleh Rektor UIN Suska, Prof DR Ahmad Mujahiddin. Anugerah tersebut berdasarkan Surat Keputusan Rektor UIN Suska Riau No. 0793/R/2020.

Simak berita lengkapnya di sini

3. BKPM terima delegasi investor besar Korea di tengah wabah Virus Corona

Di tengah wabah Virus Corona baru (Covid-19) Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pada Kamis (5/3) menerima delegasi dan misi investasi perusahaan besar asal Korea Selatan yang menyatakan minatnya berinvestasi di bidang cold storage dan industri aspal di Indonesia Timur.

Direktur Promosi Sektoral BKPM Imam Soejoedi yang mendampingi Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dalam pertemuan itu mengungkapkan minat tersebut memberi sinyal optimistisme terhadap investasi di Indonesia di tengah mewabahnya Covid-19.

Simak berita lengkapnya di sini

4. BI: Cadangan devisa Februari 2020 sebesar 130,4 miliar dolar

Posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Februari 2020 tercatat sebesar 130,4 miliar dolar AS atau tetap tinggi meskipun lebih rendah dibandingkan posisi akhir Januari 2020 sebesar 131,7 miliar dolar AS.

"Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 7,7 bulan impor atau 7,4 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar tiga bulan impor," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Onny Widjanarko dalam siaran pers di Jakarta.

Simak berita lengkapnya di sini

5.Sektor UKM dibidik tumbuh lima persen tahun ini

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) membidik pertumbuhan sektor koperasi dan UKM setara pertumbuhan ekonomi yakni lima persen pada 2020.

“Saya kan tidak boleh punya visi misi sendiri. Pak Presiden menargetkan pertumbuhan ekonomi lima persen, jadi UKM kita targetkan tumbuh lima persen,” kata Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki saat berkunjung ke Perum Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA di Jakarta.

Simak berita lengkapnya di sini

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020