Beijing (ANTARA News) - Anggaran pertahanan China akan naik 14,9 persen pada tahun 2009, kata jurubicara pemerintah di sBeijing Rabu. Dia menyebutkan kenaikan itu cukup kecil.

Anggaran pertahanan China pada 2009 mencapai 480,686 miliar yuan (70,2 miliar dolar AS), meningkat 62,482 miliar yuan dari 2008, kata jurubicara parlemen China, Li Zhaoxing kepada para wartawan seperti dikutip AFP.

Zhaoxing mengatakan kepada wartawan, bahwa peningkatan angggaran pertahanan 14,9 persen itu adalah sebagai permintaan untuk peningkatan kekuatan militer meskipun tidak ada ancaman di sebagian wilayah dunia.

"Anggaran pertahanan China untuk tahun ini akan meningkat sedang-sedang saja," kata jurubicara parlemen China itu.

Dibanding dengan anggaran pertahanan tahun 2008, kenaikan ini cukup kecil, karena anggaran pertahanan 2008 diumumkan mencapai kenaikan 17,9 persen.

Namun demikian, Amerika Serikat, Jepang dan sekutu-sekutu mereka telah sejak lama menyatakan khawatir terhadap pembangunan militer China, dan mengingatkan bahwa pemerintah China tidak terbuka dalam masalah ini.

Li Zhaoxing mengatakan, kecemasan negara-negara tersebut tidak pada tempatnya.

"Kekuatan militer China terbatas hanya digunakan untuk keperluan menjaga keselamatan kedaulatan dan inetegritas wilayah," katanya.

"Kenaikan anggaran pertahanan tidak akan mengancam negara manapun," tegasnya.

Dia menegaskan, bahwa pengeluaran militer China hanya 1,4 persen dari produk domestik bruto China, dibanding dengan empat persen pada AS dan dua persen untuk Inggris dan Prancis.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009