Riyadh (ANTARA News) - Negara-negara G20 kemungkinan melipatgandakan lebih dari 250 miliar dolar AS sumber dana IMF untuk membantu negara anggota yang terkena krisis pada pertemuan mereka 2 April, perwakilan Inggris untuk grup tersebut mengatakan Minggu.

Menurut AFP, Mark Malloch Brown ngatakan pembicaraannya dengan anggota dari Kelompok 20 negara-negara maju dan berkembang menunjukkan sebuah komitmen untuk membawa dana bantuan IMF yang tersedia menjadi "sedikitnya" 500 miliar dolar AS.

"Sesuatu dari besaran dan skala ini sebagian besar dalam rencana," kata dia dalam sebuah kunjungannya ke Riyadh untuk bertemu dengan para pejabat Saudi.

Dia mengatakan 500 miliar dolar AS adalah "keperluan minimum" untuk menjamin kembali pasar-pasar bahwa ekonomi-ekonomi dunia sedang mengambil aksi untuk menghadapi krisis global.

"G20 secara keseluruhan menerima perlunya untuk mendapatkan sesuatu seperti ini," kata dia, menambahkan bahwa komitmen masing-masing individu negara belum ditentukan.

Dia mencatat paket penyelamatan IMF telah menjalar ke negara-negara Eropa Timur seperti Ukraina: "Kami pikir disana akan ada permintaan dari setiap bagian dunia untuk program ini."

"Karenanya, mengapa kami perlu secepatnya mendapatkan sumber IMF."

Brown mengatakan dia tidak melihat pemulihan ekonomi akan datang sebelum 2010, dan pertemuan G20 di London diperlukan untuk mengirimkan sebuah sinyal kepada dunia, bahwa anggota grup memiliki sebuah strategi kredibel untuk menghadapi krisis ini.

Brown berada di Arab Saudi, salah satu anggota G20 dan eksportir minyak terbesar dunia, untuk membicarakan isu-isu dalam pertemuan G20 mendatang.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009